banner 728x90

DLH Serahkan Sertifikat Adipura ke Walikota

banner 468x60

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang resmi menyerahkan sertifikat adipura kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang. Sertifikat adipura diserahkan secara langsung oleh Kepala DLH Kota Pangkalpinang Drs Iwansyah kepada Walikota Pangkalpinang yang diwakili Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam disela-sela apel mingguan, Senin (7/8) kemarin.

Ditemui Babel Pos usai apel, Kepala DLH Kota Pangkalpinang Iwansyah menuturkan bahwa pihaknya sudah bekerja keras untuk meraih penghargaan piala adipura. Hanya saja katanya, penghargaan yang diraih masih sebatas sertifikat saja.

banner 300x250

“Tapi meski hanya sertifikat, kita sudah memberikan yang terbaik untuk Pangkalpinang. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa meraih pialanya,” ujar Iwansyah singkat.

Senada dengan Iwansyah, Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam memberikan apresiasi tinggi kepada DLH beserta jajarannya terutama para pasukan kuning yang telah menjaga kebersihan Kota Pangkalpinang. Katanya, meski hanya sertifikat, ini merupakan bukti peningkatan kinerja dari DLH.

“Ya kita harus berbangga dengan raihan ini. Mudah-mudahan kedepan sertifikat adipura ini berubah menjadi piala adipura,” harap Radmida.

Diakui Radmida, gagalnya Kota Pangkalpinang meraih piala adipura dikarenakan beberapa faktor. Salah satuny ialah semraut dan tidak tertatanya pasar dengan baik.

“Karena kita tahu tahun kemarin intens mengikuti penilaian adipura ini. Sebenarnya untuk kebersihan tidak masalah lagi, cuma ada beberapa kendala yakni pasar. Untuk pasar nilainya masih kurang bagus, jadi pasar harus kita tata lagi dan itu tugasnya dinas terkait,” tegas Radmida.

Selain pasar, lanjut Radmida, penyebab lainnya ialah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang saat ini sudah melebihi kapasitas. Namun kendala ini, katanya, bisa diperbaiki asalkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki komitmen yang tinggi untuk meraih penghargaan dibidan kota terbersih itu.

“Sepertinya Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan. Mereka harus komit menata pasar lebih baik, kalau sekarang kan tidak teratur terutama dalam penempatan pedagang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang Ahmad Subekti saat dikonfirmasi harian ini berjanji akan menata pasar lebih baik terutama dari sisi manajemen pasar.

“Saat ini kan manajemen pasar ada di UPT Pasar. Untuk itu, kita akan perkuat dari SDM-nya, karena saat ini SDM UPT pasar masih sangat sedikit dan belum pas,” katanya.

Selain itu, dia menilai Kepala UPT Pasar belum tegas dalam mengatur pedagang. Sehingga saat ini kondisi pasar terlihat semrawut.

“Dan mungkin juga karena anggaran sangat minim di bidang perdagangan. Mungkin nanti kebijakan kita bisa diperluas. Contohnya, saat ini penarikan retribusi pasar dipungut oleh DLH, mungkin kedepan kita langsung yang memungutnya. Demikian halnya dengan parkir, itu kan yang punya wilayah kita. Mungkin ini juga bisa dipikirkan oleh pemangku kebijakan,” pungkasnya. (pas)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: