banner 728x90

Dok Lipat Kajang Manggar Segera Beroperasi

banner 468x60

* PT.DAK dan PT.GMB Bersama Prof Yusril dan Bupati Beltim Tinjau Lokasi

foto-a-peninjauan-lokasi

Dirut PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung, Yono, dan Jajaran PT.Timah, CEO PT.GMB Agus Suparmanto, Prof Dr Yusril Mahendra, Bupati Beltim, Yuslih Ihza serta SKPD terkait Pemkab Beltim saat melakukan peninjauan lokasi galangan kapal Lipat Kajang Manggar, Selasa (18/10) kemarin.

MANGGAR – PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung (PT.DAK) yang merupakan anak perusahaannya PT Timah (Tbk) dan PT.Galangan Manggar Billiton (GMB) akan segera mengoperasikan galangan kapal (Dok) Lipat Kajang Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kepastian itu setelah dilakukan peninjauan lokasi, Selasa (18/10) kemarin.

banner 300x250

Hadir dalam peninjauan tersebut Dirut PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung, Yono, dan Jajaran PT.Timah lainnya, CEO PT.GMB Agus Suparmanto, Prof Dr Yusril Ihza Mahendra, Bupati Beltim, Yuslih Ihza serta SKPD terkait Pemkab Beltim.

Dirut PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung, Yono mengatakan peninjauan lokasi merupakan tindaklanjut pertemuan di Jakarta beberapa waktu. Pertemuan yang juga dihadiri Direktur Operasional PT Timah Tbk Muhammad Rizki membahas pengoperasian Dok kapal Lipat Kajang Manggar.

“Jika memang sudah clear kita akan segera lakukan kerjasama dan pelaksanaan ini. Segala kesiapan lingkungan dan fasilitas tentu akan kita siapkan terlebih dahulu,” Yono usai melakukan peninjauan.

Kata Yono pada saat pembukaan Dok kapal ini dipastikan akan menyerap tenaga kerja. Perekrutan tenaga kerja akan dilakukan secara bertahap dan berlanjut sesuai dengan perkembangannya.

“Saya optimis, ini akan merekrut tenaga kerja yang besar, apalagi ini tempatnya sangat strategis. Apalagi Pak Presiden (Jokowi, red) sudah mencanangkan tol laut, dan ini Insyallah akan sangat berpengaruh,” sebut Yono.

Oleh karena itu, Yono meminta kepada pemerintah daerah untuk siap memfasilitasi masalah Infrasturktur maupun kelistrikan agar semuanya akan berjalan dengan baik dari segala persiapannya.

CEO PT.GMB, Agus Suparmanto, berterima kasih atas dukungan Pemda Beltim untuk pengoperasian dok kapal tersebut. Sebab, itu akan peningkatan PAD dan peluang tenaga kerja sehingga peningkatan kehidupan ekonomi di Beltim akan jauh lebih baik.

“Di sini kami juga akan bekerjasama dan menyiapkan fasilitas. Untuk tahap pertama ini akan menjalankan pengaturan fasilitas dan akan melakukan langkah kedepannya,” ujar Agus.

Untuk tahap awal setelah dibuka, jenis tagboat dan tongkang, mungkin bisa masuk dalam dok kapal tersebut. Dan, selanjutnya sesegera mungkin juga akan mengoperasikan Dok Manggar untuk reparasi maupun pembuatan kapal baru berbahan baja, alumunium dan fiberglass.

“Bukan hanya itu, alur juga harus segera kita perbaiki, karena akan menentukan sehingga draf airnya akan lebih baik dari yang sebelumnya. Makin dalam draf airnya, maka akan berpotensi untuk membangun yang lebih besar, dan bukan tidakmungkin jika draf nya akan lebih besar, maka untuk jalur kapal ASDP pun bisa digunakan,” tandas Agus.

Sementara itu Bupati Beltm, Yuslih Ihza, sangat berterima kasih kepada PT.DAK dan PT.GMB yang akan segera membuka Dok dan galangan kapal tersebut. Karena itu Yuslih akan segera berkoordinasi dengan SKPD terkait, guna mengurus masalah perizinan dan masalah pertanahan.

 

“Tadi kita sudah saling berkoordinasi terkait akan dibangun dan beroperasinya dok ini. Karena itu segala kesiapan akan segera disiapkan, baik masalah kelistrikan dan lainnya. Apalagi dengan rencana akan dibangunnya PLTU, jadi kemungkinan itu akan bisa dilakukan,” sebut Yuslih.

Yuslih berharap kedepan dengan dioperasikannya galangan kapal ini akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Beltim.

“Ini adalah komitmen Kami dalam kampanye Pilbup yang lalu untuk mengoperasikannya. Jadi saya berharap Dok kapal Manggar segera terealisasi,” tutup Yuslih. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: