banner 728x90

DPMPTP Siap Bantu Perizinan Investasi

banner 468x60

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu dan Perdagangan (DPMPTP) Kabupaten Beltim siap membantu perizinan investasi yang berniat menanamkan modal di wilayah Kabupaten Beltim. Ini merupakan komitmen tindak lanjut kunjungan Malindo Business and Cultural Center (MBCC) ke Pemerintah daerah Kabupaten Beltim sekaligus penandatanganan kesepakatan bersama (LoI), Ahad (10/9) lalu.

banner 300x250

Kepala DPMPTP Beltim Syahrial menyatakan dukungan bagi investasi terutama perizinan yang dibutuhkan. Keinginan Bupati Beltim untuk menarik investasi sesuai potensi daerah selayaknya dipermudah dengan kesiapan pelayanan perizinan.

“Kalau dinas kita kesiapannya hanya memberikan izin prinsip, izin bangunan kalau dia buat bangunan, izin usaha,” ujar Syahrial saat ditemui seusai pembukaan pelatihan anyaman pandan Dekranasda, Senin (11/9) kemarin.

Menyangkut investasi yang berasal dari pemodal asing, Syahrial menegaskan tetap perlu izin dari pusat. Setelah itu, perizinan yang menjadi kewenangan di daerah akan diberikan berdasarkan izin dari pusat. “Sementara izin Penanaman Modal Asing (PMA) tetap harus ke pusat dulu. Jika sudah mereka kantongi barulah kita bantu perizinan disini,” kata Syahrial.

Ia juga menegaskan, investasi merupakan salah satu modal pengembangan potensi daerah. Sebagai daerah pemekaran, Beltim dengan segala potensi yang ada masih berpeluang besar bagi investasi dalam skala besar. “Kita secepat mungkin investor masuk kita akan bantu tidak akan menghambat,” sebut Syahrial.

“Kalau kita hanya perizinan, kalau yang lain masih di dinas teknis. Misalnya budidaya rumput laut ya DKP, kalau peternakan ya Dinas Pertanian. Untuk perizinan baru kita,” tutupnya.

Sebelumnya, Bupati Beltim Yuslih Ihza melakukan penandatanganan LoI (Letter of Intens) bersama Timbalan Presiden MBCC Asia Dato’ Seri H. Ahmad Bhari Abdul Rahman, Ahad (10/9) di Auditorium Zahari MZ. Langkah ini memastikan lanjutan kerjasama yang sempat terputus di masa kepemimpinan Bupati Beltim sebelumnya.

Penandatanganan disaksikan tamu undangan Pemkab Beltim dari berbagai negara di asia yang bernaung dibawah bendera MBCC. Bagian dari kesepakatan awal ini, akan dijalin dengan rencana peternakan sapi dan budidaya rumput laut.

Dalam kesempatan itu, Pengarah MBCC Asia Dato’ Seri (DR) Alex Ong menyambut keinginan Bupati Beltim yang serius bekerjasama. Pasalnya, dari ratusan Kepala Daerah di Indonesia, hanya Bupati Beltim yang telah memaparkan potensi daerah di hadapan investor MBCC. (msi)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: