banner 728x90

DPRD Bakal Sambangi Pemprov, Bahas Normalisasi Sungai Untuk Atasi Banjir

banner 468x60

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dalam waktu dekat ini Komisi II DPRD Kabupaten Belitung berencana akan menyambangi Kantor Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel). Wakil Rakyat ini, ingin menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Kementerian PU-PR pada 19 September lalu.

“Dalam waktu dekat ini kami akan mengunjungi Pemprov. Tujuannya, untuk melakukan sinkronisasi dan berharap ada dana yang dikucurkan untuk melakukan normalisasi terhadap sungai-sungai di Belitung. Sebab, kewenangan ini sekarang sudah dilimpahkan dari Pemerintah Pusat ke Provinsi,” ujar Anggota Komisi II DPRD Belitung Saryadi kepada Belitong Ekspres, Senin (25/9) kemarin.

banner 300x250

Politisi PPP itu mengatakan, langkah cepat tersebut dilakukan guna mengantisipasi masuknya musim penghujan. Saryadi menekankan, jangan sampai musibah banjir bulan juli lalu kembali terjadi. Ia menilai melihat kondisi pasca banjir kemarin memang yang utamanya untuk dilakukan pendalaman alur sungai. Yakni di sungai aik rayak, sungai siburik maupun sungai cerucuk.

“Kita ingin sungai-sungai tersebut dilakukan pendalaman (Normalisasi,red,), Supaya tidak kembali terjadi banjir di daerah itu,” tandas Saryadi sembari berharap ada dana dari Pemerintah Pusat ataupun dana dari Provinsi untuk melakukan pendalaman atau normalisasi di sungai-sungai tersebut.

Senada dengan Saryadi, Anggota komisi II lainnya Junaidi Rahman mengatakan, melihat situasi pasca banjir kemarin tentunya, beberapa sungai seperti di sungai aik rayak perlu dilakukan pendalaman. Salah satunya caranya dengan menggunakan dana dari Pemerintah Pusat atau Provinsi.

Menurutnya, musibah banjir yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Belitung, lantaran kedalaman sungai sudah hampir rata dengan permukaan. Sehingga daya tampung sungai tersebut tidak bisa menampung debit air yang mengalir. Akibarnya, air menjadi meluas, disamping memang ada beberapa faktor lain.

“Kita harap nanti ada dana dari pusat maupun provinsi untuk pendalam alur sungai. Insyallah, musibah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu tidak terulang kembali,” pungkasnya.(rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: