banner 728x90

Festival Bedug Bakal Ramaikan Ramadan

banner 468x60

TANJUNGPANDAN – Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, DPD BKPRMI Kabupaten Belitung akan melaksanakan Festival Bedug dan Bazar Ramadan.

Ketua Panitia Farid Wadji mengatakan pelaksanaan kegiatan tanggal 23-25 Juni 2016. Nantinya ada berbagai lomba. Lomba bedug tingkat pelajar SMP, SMA, dan remaja masjid, lomba kaligrafi, bazar Ramadan, dan peringaran nuzulul Qur’an. Kegiatan serupa sebelumnya pernah dilakukan beberapa tahun lalu.

“Kegiatan ini selain untuk memeriahkan bulan Ramadan, juga memaksimalkan bakat remaja-remaja di Belitung,” kata Farid, ditemui Minggu (12/6) kemarin.

banner 300x250

Festival Bedug ini sedang dipersiapkan maksimal. Farid mengatakan saat ini panitia sudah menyebar undangan ke sekolah, masjid, dan surau di Kabupaten Belitung. Ia berharap sekolah, masjid, dan surau ikut berpartisipasi meramaikan agenda ini. “Kami harapkan banyak pesertanya. Kita hidupkan kembali mencintai seni dalam Islam,” ujarnya.

Sementara Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Belitung Sarifuddin mengatakan kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kreativitas seni budaya Islami, yang terangkum dalam eskplorasi bedug kontemporer dan nada dalam takbir.

“Bedug ini merupakan kesenian khas Islami yang juga berkembang pesat di daerah kita serta dipadukan dengan budaya yang mengan­dung kearifan lokal. Karena itu festival ini juga untuk melindungi dan melestarikan kesenian itu agar tidak lekang dimakan waktu dan layu dimakan zaman,” papar Sarifuddin. (ade)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: