banner 728x90

Festival Jeramba Sungai Padang 3 Meriahkan GMT

*Berbagai Lomba dan Pertunjukan Seni Ditampilkan

foto A- jeramba sungai padang gmt

Foto A: ade/be

Prosesi perkawinan adat Belitong pada acara pembukaan Festival Jeramba Sungai Padang.
SIJUK – Even tahunan Festival Jeramba Sungai Padang kembali digelar. Even yang ketiga kali dilaksanakan ini untuk memasarkan produk lokal dalam rangka memeriahkan Gerhana Matahari Toal (GMT) 9 Maret 2016 mendatang. Tahun ini mengambil tema The Beautiful One.

Penjabat Kepala Desa Sungai Padang Fadli mengatakan, acara dimeriahkan dengan berbagai macamn lomba dan pertunjukan seni budaya Belitung. Misalnya lomba ngerisi, lomba tarik tambang, ngambin bini, lomba lari, mancing beluko, naik batang pinang, nimong. Acara berlangsung sejak Sabtu 6 Maret 2016 hingga Kamis 10 Maret 2016. Kata dia, kegaitan untuk menggali potensi daerah khususnya Sungai Padang. Selain itu, memperkenalkannya kepada wisatawan yang hadir soal budaya Belitong.

Pada pembukaan Festival Jeramba Sungai Padang Sabtu (5/3) pekan lalu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, pemerintah mendukung even yang dibuat masyarakat. Ia menyebut even ini akan mengangkat kembali adat istiadat seni budaya Belitung. “Pemerintah mengapresiasi festival ini. Tentunya sebagaimana kita tahu, Sungai Padang merupakan koridor pariwisata terakhir di Kecamatan Sijuk,” kata Sanem.

Ke depan kata Sanem, Sungai Padang terus dikembangkan menjadi kawasan wisata yang bagus. Termasuk bagaimana mengemas keindahan pantai Batu Bedil. “Tentunya, ya, dan banyak yang akan digali. Adat istiadat budaya dan sisi ekonomi. Banyak sejarah yang kita gali, temasuk kuburan yang lama berkenaan dengan Sungai Padang. Digali apa yang tersembunyi,” tukasnya. (ade)

Related Search

Tags:
author

Author: