banner 728x90

Fraksi Hanura Tak Mau Berikan Pendapat Terhadap LKPJ 2017

TANJUNGPANDAN – Sesuai dengan ketentuan pasal 17 PP Nomor 3 Tahun 2007 disebutkan bahwa Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran disampaikan dalam Rapat paripurna DPRD. Lantas selanjutnya dilakukan penilaian sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku. Dengan telah disampaikannya LKPJ tersebut, pelaksanaan tugas pengawasan dewan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Pembahasan dan penilaian terhadap kinerja kepala daerah ini merupakan hal penting terkait peningkatan efesiensi, efektifitas, produktifitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Serta, tujuan kita untuk mengetahui tingkat keberhasilan kepala daerah dalam menjalankan tugasnya selama kurun waktu periode 2017 yang lalu,” kata Juru bicara Fraksi Partai Hanura Junaidi Derani saat membacakan pandangan umum fraksi terhadap LKPJ Pemda Kabupaten Belitung tahun 2017, Selasa (3/4) lalu.

Kata Anggota Komisi I DPRD Belitung ini, terkait pandangan fraksi tersebut, pihaknya tidak akan memberikan pendapat ataupun pertanyaan-pertanyaan mengenai LKPJ tahun 2017 yang telah disampaikan Pjs Bupati.

“Hal ini sebagai respon kami terhadap terlambatnya waktu penyerahan dokumen LKPJ kepada DPRD. Di mana baru disampaikannya LKPJ tahun 2017 di sidang Paripurna atau satu hari menjelang disampaikan pandangan fraksi. Hal ini kami pandang telah mencederai tupoksi lembaga perwakilan rakyat, di mana salah satunya adalah melakukan supervisi atau pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah,” katanya.

Junadi Derani menambahkan, itu sesuai UU MD3 yang termasuk sebagai unsur penyelenggara pemerintahan dan fungsi pengawasan. Di samping itu, Fraksi partai Hanura juga menghimbau agar sebagai penyelenggara pemerintahan, patuh terhadap UUD 1945 pasal -VllI A pasal 2 dan 3 serta UU No. 15 tahun 2006 tentang BPK pasal 7 ayat 1 sampai dengan ayat 5.

“Dokumen-dokumen ini penting sebagai bahan acuan Alat Kelengkapan Dewan dalam melakukan pengawasan kepada pihak eksekutif yang menjadi mitranya,” pungkasnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: