banner 728x90

Gabungan Nelayan Tiga Kecamatan Nyatakan Sikap

banner 468x60

//Bukan Bagian dari Anggota HNSI Beltim

MANGGAR – Gabungan perwakilan nelayan dari tiga kecamatan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mendeklarasikan diri bukan termasuk dalam anggota HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) wilayah Beltim, Minggu (7/1/2018) kemarin.

Pernyataan deklarasi di Pesisir Pantai Serdang, Manggar, ini merupakan sikap tegas atau bentuk pertentangan atas pernyataan oknum pimpinan HNSI Beltim, yang baru-baru ini mendukung dimasukannya zonasi tambang laut di Perairan Beltim.

banner 300x250

Sebelum deklarasi, gabungan nelayan ini sempat melakukan diskusi yang bertempat di Warkop Tejayana, Pantai Serdang. Turut hadir dalam aksi deklarasi gabungan ini, Gabungan Pencinta Alam Belitung (Gapabel) sebagai undangan yang turut serta menyaksikan deklarasi nelayan.

Selain melakukan deklarasi, puluhan nelayan ini juga membuat surat pernyataan yang berisi bahwa mereka bukan bagian dari anggota HNSI Beltim dan tetap menolak tambang laut. Surat pernyataan ini kemudian ditandatangani oleh para nelayan.

Dalam pernyataannya ke media, Herman, perwakilan nelayan Manggar sangat menyesalkan tindakan atau pernyataan oknum HNSI Beltim. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oknum ini sangat bertentangan dengan visi misi HNSI.

Untuk menyelesaikan masalah ini, dalam waktu dekat, Herman bersama dengan perwakilan nelayan di Beltim ingin meminta DPRD Beltim agar menjadi mediator pertemuan antara nelayan dan pengurus HNSI di Beltim.

Selain menyinggung masalah HNSI Beltim, Herman juga mengingatkan, sesungguhnya perairan Pulau Belitong adalah jenis perairan dangkal. Oleh sebab itu, pertimbangan arus deras yang terjadi jika penambangan dilakukan, lalu menyebabkan kekeruhan air hingga ke kabupaten sebelah (Kabupaten Belitung), sangat mungkin terjadi.

Selain mengungkapkan masalah pencemaran, aspek lain yang sangat disayangkan Herman adalah produksi ikan. Hingga saat ini, ungkapnya, perairan di Belitung Timur merupakan salah satu daerah penghasil ikan yang terbilang besar di Provinsi Bangka Belitung. (rel)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: