banner 728x90

Gala Desa 2018 Belitung Dimulai

Pembukaan Gala Desa 2018 Kabupaten Belitung, yang ditandai dengan penekanan sirine secara bersama.

*Pertandingkan 4 Cabor

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung melaksanakan Gala Desa 2018, yang dibuka secara resmi di lapangan Sepak Bola Desa Buluh Tumbang, Sabtu (20/10). Sesuai jadwal, Gala Desa ini akan berlangsung hingga 18 November 2018 mendatang.

Pembukaan kick off ditandai dengan penekanan sirine secara bersama oleh Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Kemenpora RI, Wisler Manalu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi dan Kepala Dispora Belitung Hendra Caya.

Ketua panitia kegiatan dari Dinas pemuda dan Olahrga (Dispora) Kabupaten Belitung, Bambang Sustiawan Pabolaan mengatakan, ada empat cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam Gala Desa 2018 ini. Yaitu, cabor Sepak bola, Bola Voli, Tenis Meja dan Atletik.

Sedangkan untuk pesertanya berjumlah 1284 orang. Terdiri dari Sepak Bola 350 orang, Tenis Meja 60 orang, Bola Voli 640 orang dan Atletik 132 orang. “Untuk pertandinganya, hanya setiap hari Sabtu dan Minggu, jadi sekitar 10 hari,” kata Bambang kepada Belitong Ekspres usai pembukaan acara.

Bambang menjelaskan, cabor Sepak Bola akan dipertandingan di lapangan Sepak Bola Buluh Tumbang, Tenis Meja di Kelurahan Tanjungpendam, Bola Voli di Desa Sungai Samak dan Atletik di Desa Selumar, Kecamatan Sijuk.

Menurut Bambang Gala Desa bertujuan untuk mendukung masyarakat sehat (Germas). Yakni melalui gerakan ayo olahraga, mendukung kebijakan revolusi mental melalui berolahraga. Selain itu, guna mendukung kebijakan pembangunan yang dimulai dari tingkat desa, juga terluar atau terdepan, menjadikan masyarakat sehat dan bugar, serta terciptanya ketahanan sosial.

“Gala Desa ini, juga sebagai upaya menggali potensi atau bakat olahraga yang berasal dari desa atau kelurahan untuk dikembangkan di tingkat nasional dan internasional,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dispora Kabupaten Belitung berharap masyarakat bisa beramai ramai untuk menyaksikan pertandingan demi pertandingan Gala Desa 2018 yang digelar di kelurahan/desa dua kecamatan ini.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi mewakili Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan bahwa Gala Desa merupakan program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI). Adapun tujuannya, untuk mengolahragakan masyarakat dan menyebarkan semangat olahraga.

“Melalui Gala Desa diharapkan dapat menjadi sarana menemukan bibit atlit yang berbakat di Kabupaten Belitung pada beberapa cabang olahraga,” kata Jasagung dalam sambutannya.

Sementara itu, Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Kemenpora RI, Wisler Manalu mengatakan, melalui Gala Desa ini bertujuan untuk membudayakan olahraga masyarakat desa dan kelurahan.

Masyarakat desa dan kelurahan adalah penyumbang penduduk yang terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, potensinya sangat luar biasa, bila dilakukan dengan pembinaan ataupun pembudayaan olahraga.

“Gala Desa ini dimaksudkan untuk mencari bibit atlit yang bisa dibina lebih lanjut, dengan sistemik, dengan peran daripada pemerintah, provinsi maupun kabupaten,” ujar Wisler. (dod)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: