banner 728x90

Geopark Pulau Belitong, Pemkab Beltim Siap Dukung Usulan UGG

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza menyatakan kesiapannya untuk Geopark Pulau Belitong diusulkan ke UNESCO Global Geopark (UGG) tahun 2019. Ia menilai Geopark Pulau Belitong yang diusulkan ke UNESCO Global Geopark dapat meningkatkan pembangunan pariwisata dan kunjungan wisatawan serta meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di sekitar geosite Geopark Pulau Belitong.

Hal itu disampaikan Bupati Beltim Yuslih Ihza dalam rapat koordinasi tanggapan terhadap Letter of Intent Geopark Belitong, yang dilaksanakan di ruang rapat KNIU, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat, (24/8).

“Kita setuju dan siap Geopark Pulau Belitong diusulkan ke UNESCO Global Geopark. Itu bisa meningkatkan pariwisata di Beltim dan meningkatkan perekonomian masyarakat Pulau Belitong,” kata Bupati Yuslih.

Rapat tersebut dihadiri Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Prof. Dr. Arief Rachman, Bupati Beltim Yuslih Ihza, Bupati Belitung Sahani Saleh, pihak Kemendikbud, Kemenkomaritim, Badan Geologi Nasional, Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim Evi Nardi dan OPD terkait.

Latar belakang pertemuan tersebut adalah surat dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman tentang dukungan Geopark Nasional Belitong agar diajukan menjadi UGG, rapat Pemprov Babel dan stakeholder dalam kesiapannya menuju UGG sehingga menghasilkan tim koordinasi pengembangan Geopark Belitong tingkat provinsi serta surat dari Gubernur Babel kepada KNIU Kemendikbud tentang dukungan dan kesanggupan dalam memenuhi persyarakat dalam pengajuan proposal/dossier kepada Desk Global Geopark UNESCO yang tenggat waktunya hingga 30 November 2018.

Melihat Geopark Pulau Belitong sudah didukung pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Badan Geologi Nasional hingga pemerintah daerah maka dalam rakor tersebut ketua harian KNIU Prof. Dr. Arief Rachman menyetujui dengan mengetok palu Geopark Pulau Belitong diusulkan ke UNESCO Global Geopark.

Penilaiannya karena Geopark Pulau Belitong memiliki geosite yang cukup luas. Untuk di Kabupaten Beltim sesuai dengan SK Bupati Beltim tentang geosite prioritas pengembangan geopark Pulau Belitong meliputi, Open Pit Lokasi Desa Senyubok, Pantai Batu Pulas, Kampung Mengguru dan Pulau Keran Lokasi Desa Cendil, Hutan Kerangas Lokasi Desa Cendil, Kelapa Kampit, Pantai Burong Mandi Lokasi Desa Burung Mandi Kecamatan Damar dan Gunung Lumut Lokasi Desa Limbongan Kecamatan Gantung.

Pihak KNIU menilai disetujuinya Geopark Pulau Belitong untuk diusulkan ke UNESCO Global Geopark karena pemerintah daerah telah menerapkan konsep Geopark dalam pemanfaatan sumber daya alam. Geopark dalam konsep pembangunan berkelanjutan memiliki tujuan yaitu merubah pola pikir (mainset) pemanfaatan sumber daya alam khususnya sumber daya geologi untuk meningkatkan perekonomian. (ver/adv)

Related Search

Tags:
author

Author: