banner 728x90

Gubernur Sepakati Program Percepatan Pembangunan

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza

//Pemprov & Kabupaten Harus Saling Mendukung

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza, mengikuti rapat koordinasi (rakor) yang dihadiri seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Rakor yang dipimpin Gubernur Babel Erzaldi Rosman tersebut, berlangsung di ruang Pesanggrahan, Wisma Ranggam Muntok Kabupaten Bangka Barat, Rabu (8/8) kemarin.

Dalam rakor itu telah disepakati bersama beberapa hal guna percepatan pembangunan di Provinsi Kepulauan Babel. Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan rakor dilakukan untuk menyatukan persepsi, sinkronisasi dan sinergi program pembangunan daerah. Agar program yang dijalankan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota saling mendukung demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Kesepakatan menjadi acuan untuk melaksanakan pembangunan daerah, jadi harus betul-betul dilaksanakan. Maka saya buat kesepakatan dan harus menjadi acuan dari berbagai kegiatan kita ke depan yang sifatnya koordinatif dan kontinyu. Semua harus bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Erzaldi.

Erzaldi memberi apresiasi kepada para bupati yang hadir dalam rakor untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah. “Inilah gunanya para bupati datang, semuanya cepat dan langsung kita putuskan untuk melakukan percepatan pembangunan di Babel,” ungkap Erzaldi

Terkait penanganan sampah, Gubernur Babel mengingatkan agar setiap kepala daerah dapat menindaklanjuti dengan komitmen dan melakukan sinergi dengan berbagai pihak terkait pengelolaan sampah yang baik.

“Dalam penanganan sampah menjadi perhatian kita semua terutama di kawasan wisata. Pemerintah daerah dapat bersinergi dengan berbagai elemen dan perlu melibatkan organisasi kemasyarakatan dan pihak terkait untuk penanganannya,” kata Erzaldi.

Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan dalam rakor tersebut beberapa hal rumusan kebijakan dan solusi permasalahan yang dibahas dan disepakati merupakan upaya untuk percepatan pembangunan di Provinsi Babel. Terkait penanganan sampah, Pemkab Beltim sudah melakukan berbagai upaya pengelolaan sampah daerah. “Kita sudah melakukan berbagai upaya. TPA ada di Simpang Renggiang berbatasan dengan Kabupaten Belitung,” kata Yuslih.

Sedangkan penanganan sampah di Kabupaten Belitung, Asisten bidang pemerintahan Kabupaten Belitung Mirang Uganda mengatakan ada beberapa hambatan yakni status lahan.

“Kita sudah lakukan rencana aksi penanganan sampah. Sudah ditetapkan titiknya, hanya hambatannya berada di kawasan hutan produksi seluas 20 hektar. Karena untuk penanganan sampah di situ ke TPA yang ada di Tanjungpandan banyak melewati perkampungan warga,” kata Mirang Uganda.

Begitu juga terkait pokok bahasan mengenai raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K), Bupati Yuslih mengatakan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota menyepakati percepatan penyampaian Raperda ke DPRD.

“Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sudah menyepakati percepatan penyampaian Raperda ke DPRD. Gubernur sudah menyebut keputusan itu dan diserahkan ke DPRD karena mereka yang membahas, mengkaji, dan mendiskusikannya. Moga-moga jadi perda yang bisa menampung aspirasi masyarakat,” ungkap Yuslih. (rel)

Related Search

Tags:
author

Author: