banner 728x90

H-7 Harga Bahan Pokok Naik

PANGKALPINANG – Menjelang perayaan hari raya bagi umat muslim yang tinggal menghitung hari lagi, harga bahan pokok yang beredar di seluruh pasar tradisional yang ada di Pangkalpinang terpantau alami kenaikan, walupun ada beberapa bahan pokok juga yang mengalami penurunan harga.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kota Pangkalpinang Romli Zarkasi menjelaskan, untuk sekarang harga daging sapi murni masih tetap bertahan di harga Rp118.000/kg sampai Rp120.000/kg, untuk daging ayam broiler naik Rp1.500/kg dari harga sebelumnya Rp35.500/kg menjadi Rp37.000/kg.

“Kenaikan ini masih aman tidak terlalu signifikan, ada juga bahan pokok yang harganya turun. Ini mungkin efek perayaan hari besar keagamaan, minyak goreng turun, bawang merah turun, susu dan telur juga turun harga,” ujarnya Selasa (28/6) kemarin.

Lanjutnya, untuk harga daging ayam kampung Rp64.000/kg naik menjadi Rp65.000/kg, cabe merah biasa Rp31.000/kg menjadi Rp32.500/kg, cabe merah keriting Rp29.000/kg menjadi Rp31.000/kg, cabe rawit merah Rp38.000/kg menjadi Rp40.500/kg.

“Harga-harga bahan pokok di pasar tradisional yang ada di Pangkalpinang masih stabil, ada yang naik ada juga yang turun harga. Ini lah tugas kita, kita bentuk tim pengawasan yang akan turun langsung ke pasar-pasar sebagai bentuk pengawasan dalam pencegahan kenaikan harga yang tinggi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, setelah pihaknya melakukan pengecekan langsung kepada para pedagang tidak menentunya harga bahan pokok kadang naik kadang turun memang sudah menjadi kebiasaan dalam menjelang hari perayaan keagamaan dan daya beli masyarakat juga masih terpantau aman juga.

“Untuk stok bahan pokok sendiri masih aman untuk menjelag hari raya ini dan juga pascanya nanti, akan kita cek kalau harga masih tinggi akan tetapi stok banyak kita akan langsung berinteraksi dengan para pedegang, kita tanyakan apa penyebabnya. Kalau stok kurang permintaan melonjak itu biasanya harga akan tinggi,” tegasnya.

“Tim pengawasan kita setiap dua kali seminggu akan turun memantau harga di lima pasar yaitu Pasar Pagi, Pasar Rumput, Pasar Parit Lalang, Pasar Ratu Tunggal dan Pasar Jalan Irian, nantinya akan kita kumpulkan sehingga nantinya akan ada harga rata-rata semua pasar baru nanti kita akan tahu apa saja yang mengalami kenaikan atau sebaliknya. Intinya jadilah konsumen yang baik dan cerdas, belilah sesuai dengan kebutuhan,” tandasnya. (tya)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: