banner 728x90

Hanya 33 Surat Cuti Masuk Bawaslu

banner 468x60

*Sejak Awal Kampanye

PANGKALPINANG – Sejak awal kampanye 24 Oktober 2016 lalu, hanya 33 surat cuti kampanye yang diterima Bawaslu Bangka Belitung (Babel). Padahal, disejumlah daerah, banyak pejabat daerah yang ikut kampanye namun tidak melampirkan surat cutinya terlebih dahulu.

Ketua Bawaslu Babel Bagong Susanto ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (27/12) mengatakan, Bawaslu telah melakukan sosialisasi agar pejabat daerah yang ikut mengikuti kegiatan kampanye, wajib melampirkan surat cutinya. “Dengan adanya informasi awal, kami sangat berterimakasih. Media sebagai mitra Bawaslu dan kami akan tindaklanjuti persoalan ini,” ujar Bagong.

banner 300x250

Diapun mengimbau, agar pejabat daerah dapat mentaati aturan yang ada. Diakuinya, beberapa surat cuti kadang mengalami keterlambatan. Yakni, melakukan kampanye terlebih dahulu lalu melampirkan surat cuti. Disinggung pengawasan oleh Bawaslu yang kurang maksimal, Bagong pun membantah perihal tersebut.

Ditegaskannya, sejauh ini tidak ada yang memanfaatkan cuti hamil yang dilakukan oleh Divisi pencegahan dan Hubal (Hubungan Antar Lembaga) Sugesti, terhadap kinerja pengawasan Bawaslu Babel. “Tidak ada yang menggunakan kesempatan itu. Mungkin adanya keterlambatan surat cuti. Mari sama-sama menjaga Pilkada Bangka Belitung yang santun,” ajaknya.

Hingga kini kata Bagong, Bawaslu Babel belum menemukan temuan dalam kampanye. Baik itu laporan dari masyarakat maupun temuan pengawas. “Belum ada laporan dan temuan atas kasus pidana Pemilu. Temuan dari pengawas pemilu 7 kabupaten/kota belum ada. Tapi, potensi rawan nanti dikhawatirkan dimasa tenang. Dan Bawaslu mempunyai strategi soal penanganan itu,” tukasnya.(wah)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: