banner 728x90

Harga Daging Sapi Masih Normal

*H-10 Jelang Idul Fitri Mengalami Kenaikan
*Pasokan Sapi untuk Hari Raya Mencukupi

daging-Sapi

Seorang warga sedang membeli daging sapi di Pasar Tradisional Tanjungpandan, Jumat (19/5) kemarin. Foto reza/be

TANJUNGPANDAN – Menjelang bulan ramadan tahun ini, harga daging sapi potong di Pasar Tradisional Tanjungpandan masih relatif normal. Namun, harga daging sapi potong tersebut diprediksi akan mengalami kenaikan pada saat H-10 menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

Pantauan Belitong Ekspres di Pasar Tradisional Tanjungpandan, Jumat (25/5) kemarin, daging potong masih di kisaran harga Rp125 ribu hingga Rp 130 ribu per kilogramnya.

“Biasanya harga daging sapi potong akan mengalami kenaikan pada H-10. Seperti pada tahun sebelumnya. Harganya bisa mencapai Rp 150 ribu perkilogram,” ujar pedagang sapi potong Hisyam.

Pria yang akrap disapa pak Syam ini menjelaskan, kenaikan harga itu kemungkinan akibat kondisi permintaan pasar, dimana kebutuhan konsumsi masyarakat akan daging sapi saat hari Raya Idul Fitri mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar masyarakat membeli daging sapi dari jauh-jauh hari, guna mengantisipasi kenaikan menjelang hari raya. “Tipsnya beli daging sejak jauh-jauh hari. Sebab, kadaluarsanya daging sapi jika dibekukan membutuhkan waktu selama dua tahun,” sarannya.

Kata pedagang yang sudah belasan tahun berjualan daging sapi ini, menjelang bulan puasa dan hari Raya Idul Fitri kedatangan sapi dari luar Belitung akan mengalami penambahan dari hari-hari biasanya.

“Biasanya saat H-7 ada pertemuan antara pemerintah daerah dengan para pedagang untuk menentukan HET daging sapi. Jadi, baik pedagang maupun masyarakat tidak diberatkan dengan harga yang ditentukan,” pungkasnya.

Terpisah Kasi Kesehatan Masyarakat Veterner (Kesmavet) Pengolahan dan Pemasaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Yeni Purwanti mengatakan, saat ini pasokan sapi menjelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri masih mencukupi.

“Kabarnya belum lama ini ada sekitar 111 sapu dari Madura yang masuk ke Belitung,”ujar wanita yang biasa dipanggil Yeni ini kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Selain itu kata Yeni, sapi dari daerah Lampung juga sudah masuk ke Belitung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi daging sapi menjelang bulan puasa dan hari raya.

“Sedangkan untuk polulasi sapi secara keseluruhan di Kabupaten Belitung pada bulan Maret 2017 tercatat sebanyak 1.609 sapi. Jadi stok sapi untuk lebaran masih mencukupi,” tukasnya (rez)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: