banner 728x90

Harga Daging Stabil di Rp 120 Ribu Sembako Tak Alami Kenaikan

foto-A..--Pedagang-Sapi

Seorang pedagang daging sapi di pasar daging Pangkalpinang.

PANGKALPINANG – Harga daging sapi segar di Pangkalpinang masih stabil pada angka Rp120.000 per kilogram. Harga ini diperkirakan baru akan mengalami kenaikan menjelang Idul Fitri, tetapi kenaikannya tidak akan siginifikan. “Sampai saat ini harga daging sapi potong tetap stabil paling menjelang lebaran nanti ada kenaikan, tapi itu pun tidak terlalu siginifikan berkisar 130.000-150.000 dan biasanya berlangsung lama,” kata salah seorang pedagang daging sapi di pasar daging Pangkalpinang, Yusman kepada Radar Bangka, Senin (12/6).

Stok daging sapi yang mereka jual ini kata dia, dikirim dari beberapa daerah seperti Jawa, Lampung dan lainnya. Sehingga stok selalu tersedia. “Kita selalu menyediakan stok daging yang diimpor dari daerah-daerah lain. Umumnya berupa sapi yang masih hidup dan kemudian dikelola disini agar dapat menekan biaya produksi,” tambahnya.

Dari hasil pantauan RB, terkait mengenai daging sapi beku yang di sediakan pemerintah dengan harga Rp80.000 per kg, sejauh ini belum menjadi kekhawatiran para pedagang. “Ya kita sudah tau, tapi kita tidak khawatir karena kebanyakan masyarakat lebih memilih membeli daging langsung ke pasar dan kita juga sudah memiliki para pelanggan yang selalu membeli daging ke kita,” jelasnya.

Selain itu juga masyarakat lebih percaya dengan daging kita yang langsung kita kelola, dibandingkan daging kiriman yang dibekukan. Tak hanya daging, harga-harga bahan pokok sembako yang ada di seluruh pasar di Kota Pangkalpinang berada pada posisi stabil, bahkan ada beberapa item bahan pokok sembako yang mengalami penurunan harga.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam dan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop dan UMKM) Kota Pangkalpinang, Eka Subehi mengatakan, untuk daftar harga bahan pokok sembako di Kota Pangkalpinang dalam minggu ini masih stabil tidak ada kenaikan harga, bahkan katanya, ada beberapa item bahan pokok sembako yang mengalami penurunan harga.

“Untuk harga bawang merah dan putih di Kota Pangkalpinang pada minggu kemarin mengalami kenaikan hingga Rp3000/kg, tapi untuk minggu ini malahan turun harga sampai Rp2.500/kg,” ujarnya.

Selain bawang merah dan putih lanjutnya, harga cabe rawit merah juga mengalami penurunan harga, dari yang sebelumnya Rp45.000/kg menjadi Rp44.000/kg, sedangkan untuk daging sapi murni sendiri dalam minggu ini juga turun harga, dari Rp117.500/kg menjadi Rp115.500/kg turun Rp2.000/kg.

“Kalau harga beras, minyak goreng, tepung terigu semuanya masih sama atau tidak ada kenaikan harga,” ucapnya. Untuk harga cabe rawit sendiri lanjutnya, memang mengalami kenaikan harga, yang dimulai dari Rp1.000/kg hingga Rp2.000/kg dan kenaikan tersebut ungkapnya, tidak lah terlalu signifikan.

“Jadilah konsumen yang cerdas, belilah barang sesuai dengan kebutuhan, jangan mau dibeli semua. Untuk menjaga kestabilan harga juga nantinya Tim Monitoring harga sembako akan terus melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Kota Pangkalpinang selama ramadhan 1438 Hijriah tahun ini dan juga nantinya pada saat menjelang lebaran,” tukasnya.(cr4/tya)

Related Search

Tags:
author

Author: