banner 728x90

Harga Telor dan Ayam Potong Melonjak

*Pasokan Kurang, Ayam Potong Tembus Rp. 60ribu/Kg

MANGGAR – Sejak beberapa hari terakhir, harga telur ayam di Manggar Belitung Timur (Beltim) terus melonjak tinggi. Menurut para pedagang, naiknya harga telur ayam tersebut karena kurangnya pasokan yang disebabkan cuaca buruk.

Kenaikan harga tersebut terjadi di pasar induk Lipat Kajang Manggar, dan juga beberapa toko sembako lainnya. Harga telur ayam yang sebelumnya di jual dari Rp 1.100 – Rp 1.200 per butir, sekarang dijual kisaran Rp 1.400 hingga Rp 1.500 per butir.

Risma (34), salah seorang pedagang eceran telor ayam di Pasar Lipat Kajang Manggar menuturkan, selama ini telur ayam yang mereka jual berasal dari luar daerah sehingga harus melalui angkutan laut. Kondisi itulah menurutnya yang menjadi alasan utama melonjaknya harga telur dalam beberapa hari terakhir.

“Jadi kalau kondisi cuaca buruk, barang yang datang pun jarang. Telur ayam yang biasa kami ambil berasal dari Palembang, karena lebih murah dari Jakarta. Tetapi kalau cuaca buruk seperti ini mau tidak mau kami harus ambil dari Jakarta,” ujarnya saat ditemui BE, Minggu (17/1) kemarin.

Bukan hanya harga telor ayam, harga ayam potong di Manggar pun melonjat. Menurut para pedagang, melonjaknya harga ayam potong tersebut, karena berkurangnya pasokan dari para pemotong.

Salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Lipat kajang Manggar, Talip menuturkan, selama ini mereka mengambil ayam potong dari para distributor ayam atau yang biasa disebut PT oleh penjual ayam potong.

Namun dalam beberapa waktu terkahir, pasokan terus berkurang, sehingga harga ayam dinaikkan dan mengingat ayam memang sudah naik. “Beberapa hari lalu, sekitaran beberapa waktu lalu harga ayam potong bersih dijual Rp 35 ribu per kg, tapi sekarang mencapai Rp 60 ribu per kg,” ujarnya kepada harian ini.

Melambungnya harga ayam potong ini juga menjadi keluhan para pembeli, salah satunya pedagang rumah makan Padang di Manggar, Marvel Tanjung.

“Dengan harga beli yang tinggi kita mau tidak mau harus mengurangi jumlah pembelian dan harus bagaimana lagi, jika semua pedagang sudah mematok hari seperti ini,” kata Marvel.

Untuk itu marvel barharap kepada Pemkab Beltim, melalui dinas terkait agar bisa membantu akan keluhan masyarakat, dan mampu memberikan solusi dengan kenaikan harga ini. (feb)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: