banner 728x90

Hari ini Daging Sapi Beku Akan Dipasarkan

banner 468x60

*Dijual Rp100 Ribu per Kilogram

MANGGAR -Tiga hari jelang hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Pembangunan Belitung Timur (PBT) akan menjual 4,7 ton daging sapi beku. Penjualan daging beku terbuka untuk masyarakat Belitung Timur (Beltim). Rencananya daging akan dijual Rp 100 ribu perkilogram.

Direktur Utama PT PBT, Selamet mengatakan daging akan didistribusikan selama dua hari mulai Kamis (22/6) besok hingga Jum’at (23/6). Penjualan akan dilakukan di seluruh Kantor Camat, Kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Teradu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP), serta di Kantor PT PBT.

banner 300x250

“Rencana kita akan mulai hari ini, namun karena kapal terlambat masuknya baru bisa kita mulai besok. Siang nanti kapal datang, sore mungkin sudah masuk ke Beltim,” kata Selamet saat ditemui Diskominfo Beltim di ruang kerjanya, Rabu (21/6).

Selamet mengungkapkan sebelumnya PT PBT akan menyiapkan 8 ton daging sapi beku. Namun saat di karantina kapal sudah kelebihan muatan, terpaksa 3,3 ton daging pun tidak bisa diberangkatkan ke Belitung.

“Kami saja baru informasinya kemarin sore. Total awalnya kita kirim 15 ton sama dengan daging sapi beku yang untuk Operasi Pasar Subsidi. Padahal kami sudah membayar lunas dengan importir daging tersebut,” sesal Selamet.

Akibat adanya pengurangan jumlah pengiriman daging tersebut, Mantan Anggota KPUD Beltim itu menyatakan PT PBT akan kehilangan keutungan penjualan. Ia menyebut jika daging dibeli dengan harga Rp 80 ribu perkilo dari pihak Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia.

“Untuk biaya transportasi truk storage ajak kita kenak Rp 25 juta, kapal Rp 15 juta, ditambah karantina dengan pengawalan Rp 10 juta. Kalau bisa 8 ton kita untung, ini sih impas itung-itung bantu masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pengurangan jumlah akan berimbas ke kouta penjualan daging ke setiap kecamatan. Bahkan jika sebelumnya penjualan akan dibatasi hanya maksimal 5 kilo per orang, menjadi masimal dua – tiga kilo perorang.

“Masyarakat umum boleh membeli ini untuk semua kalangan. Jadi dak pakai kupon. Tujuan kita untuk menekan harga dan menekan tingkat inflasi di Kabupaten Beltim,” ujarnya.

Terpisah Kepala DPMPTSPP Kabupaten Beltim, Syahrial menekankan pembelian daging beku di BUMD harus menggunakan KTP Beltim. Tujuannya agar lebih banyak masyarakat Beltim yang menikmati.

“Inikan belinya pakai uang dari BUMD, otomatis harus orang Beltim yang merasakan. Terus juga takutnya ada yang borong banyak, stoknya kan terbatas,” kata Syahrial.

Ditambahkannya adanya penjualan daging beku ini untuk mengatasi tingginya harag daging sapi segar di pasaran yang sudah mencapai Rp 160 ribu perkilo. Dengan adanya daging sapi beku masyarakat akan diberikan alternatif sekaligus nekan harga agar tidak kian melambung. “Silahkan masyarakat mau pilih yang mana. Kita dari pemerintah hanya mengakomodir saja,” pukasnya. (@2!/diskominfo)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: