banner 728x90

Hari Ini, KPU Tetapkan BESAME Paslon Terpilih

//HIJRAH Belum Pastikan untuk Hadir

TANJUNGPANDAN – Hari ini Senin (13/8), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018.

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon (paslon) Sahani Saleh – Isyak Meirobie (BESAME) ini, akan digelar di Hotel Bahamas.

Penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung terpilih, setelah KPU menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menggugurkan gugatan paslon Hellyana-Junaidi Rachman (HIJRAH), pekan lalu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belitung Sekti Anggraini mengatakan, sesuai dengan aturan yang berlaku setelah adanya putusan dari MK, secepatnya KPU Kabupaten Belitung harus mempersiapkan proses penetapan paslon terpilih.

“Kita sudah mendapat hasil dari putusan MK, Jumat (10/8) lalu. Pada intinya, MK mengabulkan eksepsi (KPU) melalui kami (Jaksa Pengacara Negara). Setelah adanya putusan itu, maksimal tiga hari harus ada penetapan,” ujar Sekti Anggraini, Minggu (13/8) kemarin.

Pada perhelatan pesta demokrasi Pilkada Belitung 27 Juni 2018 lalu, paslon BESAME memenangkan pertarungan dengan perolehan sebanyak 28.366 suara. Sebelumnya, pasangan HIJRAH melayangkan gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) dan dugaan kecurangan ke MK. Dalam sidang putusan Dismissal, permohonan gugatan ditolak karena tidak memenuhi syarat.

“Usai putusan Dismissal, kami meminta MK untuk mengesahkan dan menyatakan hasil Pilkada 2018 di Negeri Laskar Pelangi, aman dan permasalahan sudah selesai,” kata Sekti.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan melalui Devisi Sosialisasi Kabupaten Belitung Yudi AB, membenarkan agenda rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung terpilih 2018.

“Acara dilaksanakan Senin besok, di Hotel Bahamas, Pukul 09.00 WIB. Rapat pleno dilaksanakan, setelah adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia,” kata Yudi kepada Belitong Ekspres.

HIJRAH Belum Pastikan untuk Hadir

Kubu pasangan HIJRAH menyatakan belum ada rencana untuk datang di Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung di Hotel Bahamas, Senin (13/8) pagi ini.

Pasalnya, rombongan HIJRAH beserta tim masih berada di Jakarta. Selain itu, pihak dari HIJRAH juga mengaku belum menerima undangan dari KPU Kabupaten Belitung mengenai adanya kegiatan tersebut.

Ketua Tim Pemenangan HIJRAH, Eko Purwanto mengatakan, dirinya sudah mengetahui adanya rapat pleno terbuka itu. Sebab, tiga hari setelah penetapan dari MK, KPU Belitung harus menggelar penetapan paslon terpilih.

“Kita belum dapat undangan dari KPU Belitung, mengenai rapat itu. Kalau kita gak diundang, kami tidak akan datang,” kata Eko Purwanto, kepada Belitong Ekspres, Minggu (12/8) kemarin.

Dia tak menampik dalam putusan Dismissal MK memenangkan KPU Kabupaten Belitung. Namun pihak HIJRAH masih enggan berkomentar mengenai hasil tersebut, apakah mereka menerima atau tidak.

“Seperti yang kita sampaikan beberapa waktu lalu, tujuan kita dalam gugatan ini bukan mencari siapa yang menang atau kalah. Tapi, lebih memberi pembelajaran tentang demokrasi,” ungkap Eko.

Meski kalah dalam Pilkada 2018, pihak HIJRAH akan tetap mengawal kebijakan di Negeri Laskar Pelangi, hingga lima tahun ke depan. “Sebab, pada saat sebelum Pilkada (kampanye), seluruh pasangan calon mendeklarasikan akan mengawal kebijakan selama lima tahun ke depan,” pungkas Eko Purwanto.

Sementara itu, beberapa paslon masing-masing peserta Pilkada Belitung, seperti Sahani Saleh- Isyak Meirobi (BESAME), Azwardi Azhar – Erwandi A Rani (BERANI), Andi Lanna -Zulfriandi Afan, menyatakan bakal hadir dalam rapat pleno tersebut. (kin)

Related Search

Tags:
author

Author: