banner 728x90

Hari Jadi Kota Manggar Mulai Dibahas

banner 468x60
Bupati-saat-dikonfirmasi-oleh-Diskominfo-Beltim

Bupati saat dikonfirmasi oleh Diskominfo Beltim

MANGGAR – Dalam menetapkan hari jadi sebuah Kota/daerah berbagai cara dapat dilakukan. Seperti proses mencari dan menemukan momentum penting yang mempunyai makna dalam perjalanan sejarah daerah tersebut.

banner 300x250

Menetapkan hari jadi adalah juga proses memilih suatu tanggal, bulan, dan tahun yang dianggap paling mendekati kemungkinanan faktual dalam bingkai semangat kebersamaan. Sehingga selalu ada beberapa opsi yang tersedia yang kemungkinan disepakati untuk dijadikan keputusan bersama.

Hal ini lah salah satunya yang disampaikan dan dibahas pada pidato Bupati Belitung Timut (Beltim), Yuslih Ihza pada rapat Paripurna VII Masa persidangan II Tahun 2017 tentang penyampaian 3 Rancangan Peraturan daerah (Raperda) Kabupaten Beltim di ruang sidang DPRD Beltim, Senin (29/5) kemarin.

Ketiga Raperda Pemkab Beltim, yang dibahas untuk diajukan ke DPRD Beltim yakni Raperda tentang penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, Raperda tentang penyampaian Revisi Raperda Kabupaten Beltim nomor 3 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha, dan Raperda tentang Hari Jadi Kota Manggar.

Kata Bupati Beltim bahwa tujuan dan kegunaan penetapan Hari Jadi Kota Manggar dalam perda adalah untuk memperingati Har jadi Kota Manggar setiap tahunnya. Sebab ini sebagai bagian dari jati diri dan eksistensi suatu daerah, disamping berperan sebagai faktor integrasi masyarakat juga dapat memotivasi peningkatan pembangunan daerah.

“Juga sebagai wujud jadi diri dan menumbuhkan rasa cinta, bangga dan rasa memiliki terhadap Kota Manggar, Menumbuhkan semangat melestarikan nilai nilai luhur budaya yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan sosial kemasyarakatan dan memberikan kepastian hukum mengenai mulai terbentuknya Kota Manggar,” ungkap Bupati saat menyampaikan pidatonya.

Menurut Bupati Kota Manggar adalah sebuah Kota yang saat ini menjadi Ibukota Kabupaten Beltim sejak tahun 2004 lalu berdasarkan Undang Undang Nomor 5 tahun 2004 tentang pembentukan Kabupaten Beltim, Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, dan Bangka Selatan.

“Keberadaan Hari jadi memiliki arti penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk memantapkan jati diri, sebagai landasan yang menjiwai gerak langkah kemasa depan. Penetapan hari jadi juga akan melengkapi identitas diri dari wilayah tersebut. Oleh karena itu penetuan hari jadi sebuah wilayah harus dilakukan melalui penelaahan dan pengkajian berbagai materi dari berbagai sumber informasi dan fakta sejarah,” ujar Yuslih. (feb)

11935097_1014930501880901_8586580054005421240_n

Kota Manggar, Belitung timur. Foto : Facebook

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: