banner 728x90

Hewan Qurban Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran

Contoh hewan-hewan Qurban yang dinyatakan sehat dari DKPP Kabupaten Belitung, dengan label warna biru.

TANJUNGPANDAN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, memastikan ketersediaan hewan Qurban cukup guna memenuhi permintaan pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, mendatang.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, DKPP Kabupaten Belitung, Yeni Purwanti mengatakan, pihaknya sudah melakukan survey untuk mengetahui ketersediaan hewan Qurban pada tanggal 1 Agustus 2018 lalu.

“Sampai tanggal 1 Agustus untuk jumlah Kambing sebanyak 1.553 ekor dan Sapi 779 ekor. Kami yakin cukup untuk memenuhi kebutuhan lebaran nanti,” Yeni kepada Belitong Ekspres, Rabu (15/08) kemarin.

Menurutnya, pasokan untuk ketersediaan hewan Qurban di Belitung itu terus bertambah. Rabu kemarin sebanyak 375 ekor Kambing dan 69 ekor Sapi kembali tiba di Belitung. “Sapi dan Kambing ini didatangkan dari daerah Lampung dan Madura,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, DKPP Kabupaten Belitung juga terus melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan hewan qurban di Negeri Laskar Pelangi. “Kita sudah melakukan pengecekan di beberapa tempat penjualan hewan kurban. Hewan kurban yang sehat sudah kita beri label berwarna biru di lehernya,” terang Yeni.

Yeni menambahkan, pada hari penyembelihan hewan kurban nanti, DKPP juga menerjunkan tim guna kembali memastikan kondisi kesehatan hewan kurban di daerah itu layak dikonsumsi.

“Namanya post mortem. Jadi habis disembelih kita kembali lihat terutama bagian jeroan dalam dan bagian hati apakah ada bercak bintik-bintik atau tidak,” tandas. (mg1)

Related Search

Tags:
author

Author: