banner 728x90

Hingga Agustus Ada 15 Kasus HIV/AIDS

banner 468x60

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Jumlah penderita HIV/AIDS positif hingga bulan Agustus tahun 2017 ini ditemukan sebanyak 15 kasus. Akan tetapi, jumlah penderita penyakit tersebut masih berada di bawah angka pada Tahun 2016, yaitu sebanyak 23 kasus.

“Namun, hal itu tentunya harus tetap menjadi perhatian serius,” kata Kasi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung Musran kepada Belitong Ekspres Rabu (13/9) kemarin.

banner 300x250

Ia menjelaskan jumlah kasus menurun dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016 lalu. Dari sebanyak 23 kasus HIV/AIDS, satu orang di antaranya meninggal akibat virus yang mematikan tersebut.

Menurut Musran ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tertularnya virus ini. Yaitu, hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi HIV, penggunaan bersama alat suntik alat tindik, alat tato yang sudah terkontaminasi virus HIV dan beberapa faktor lainnya.

Oleh sebab itu, untuk pencegahan penularan HIV dia mengingatkan jangan melakukan hubungan seksual beresiko, setia pada pasangan, memakai kondom, tidak menggunakan narkoba dan zat adiktif lainya. “Dan, yang tak kalah penting membekali diri dengan informasi yang benar tentang HIV/AIDS,” pesannya.

Kata Musran populasi kunci atau orang yang bisa menjadi penjangkau dengan orang penderita penyakit HIV/AIDS, menjadi salah satu faktor penting dalam mendata orang yang sudah terinveksi virus tersebut. (rez)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: