banner 728x90

HKM Juru Seberang Terbagus se Indonesia

foto-Marwan

Marwan Putra Fajar

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung khususnya warga Desa Juru Seberang harus berbangga hati atas keberadaan hutan kemasyarakatan (HKM ) yang berada di desa tersebut. Sebab, berdasarkan hasil kunjungan pihak Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) kawasan dan infrastruktur HKM Juru Seberang dinilai paling bagus se Indonesia.

Penilaian terhadap HKM terbagus se Indonesia oleh lembaga yang dipimpin Siti Nurbaya ini, disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD kabupaten Belitung, Marwan Putra Fajar usai berkoordinasi dan konsultasi  dengan KLH terkait izin HKM belum lama ini.

“Hal ini diungkapkan pihak Kementrian beberapa waktu yang lalu, saat kita melakukan koordinasi dan konsultasi terkait beberapa izin HKM yang  belum dikeluarkan izinnya. Di antaranya terkait izin HKM kawasan Mangrove daerah Sungai Padang,” ungkap Marwan dalam keterangan tertulisnya kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Menurut Marwan, apa yang diungkapkan pihak kementerian tersebut bukanlah berniat menyanjung karena mereka  pernah meninjau langsung ke HKM Juru Seberang. “Namun menurut mereka yang dinilai paling bagus hanya untuk kawasan saja, tapi dalam segi pendapatan  belum,” katanya.

Terkait dengan perkembangan Kabupaten Belitung yang berdasarkan Inpres tahun 2016 menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata di indonesia. Marwan mengatakan besar harapan HKM Juru Seberang akan menjadi lebih dikenal lagi oleh dunia luar. Apalagi di kawasan tersebut juga menjadi bumi perkemahan yang juga paling apik di Indonesia.

“Tinggal kita tata lebih baik lagi apalagi saya melihat kelompok masyarakat yang mengurusi HKM tersebut sangatlah kompak. Saya yakin HKM juru sebrang akan lebih hebat lagi dan di kenal lagi oleh dunia luar,” sebut mantan wartawan ini.

Lebih lanjut Marwan mengatakan terkait dalam penataan yang akan dilakukan jika kelompok masyarakat yang mempunyai izin atas HKM terbentur masalah pendanaan untuk pembangunan fasilitas tambahan, mereka tidak khawatir.  Termasuk, juga jika pihak pemerintah daerah tidaklah mampu membantu secara maksimal, pihak pemerintah pusat juga tidak akan tinggal diam.

“Menurut pihak kementerian mereka juga siap membantu bahkan tidak hanya terpaku di Kementerian Lingkungan Hidup saja. Di beberapa kementerian lainnya di seperti di antaranya kementrian PU , kementerian perdagangan dan koperasi juga bisa memberikan bantuan,” ucap Marwan.

Mengenai bagaimana caranya mendapat bantuan itu Marwan menegaskan sangatlah mudah. Pihak kelompok masyarakat tinggal membuat pengajuan bantuan dalam bentuk proposal melalui dinas instansi terkait yang ada di daerah untuk diajukan ke pihak kementrian.

“Dan ini bukan hanya berlaku untuk HKM Juru Sebrang saja, HKM lainnya yang ada di Belitung yang sudah mempunyai izin juga bisa mengajukan proposal pembangunan,” tandas Marwan. (*yud)

Related Search

Tags:
author

Author: