banner 728x90

Homestay Panji & Vadila Wakili Babel

banner 468x60

*Penerima Penghargaan 5 Homestay Terbaik

Foto bersama pembinaan Homestay dan Pokdarwis Belitung. Foto : Disparta For BE

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Homestay Panji & Vadila di Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk mewakili Provinsi Babel dalam acara Apresiasi Usaha Masyarakat Bidang Pariwisata Tahun 2017.

banner 300x250

Acara apresiasi dari Kementerian Pariwisata itu, nantinya akan dilangsungkan di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Rabu (27/9) hari ini.

Kasi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Tessi Natasia mengatakan, dari hasil rapat pleno hasil penjurian lapangan Homestay Panji & Vadila milik Jumhadi masuk ke dalam lima homestay terbaik penerima penghargaan tersebut.

“Dalam Apresiasi ini homestay milik Jumhadi ini masuk lima besar dan akan menerima penghargaan di acara tersebut serta mewakili Provinsi Babel,” ujar Tessi kepada Belitong Ekspres, Selasa (26/9) kemarin.

Tessi menjelaskan, homestay di Belitung mulai dirintis sejak Sail Indonesia yang pertama pada Tahun 2011. Simultan program PNPM Mandiri Pariwisata yang salah satunya mendorong pertumbuhan desa wisata dengan homestay dan Pokdarwis di Belitung.

“Ini suatu pencapaian, buat Belitung kalau dilihat dari aspek pemberdayaan dan pengembangan potensi masyarakat di destinasi wisata. Jumhadi layak mendapatkan penghargaan ini karena beliau konsisten dan terus belajar,”ucapnya.

Oleh sebab itu, Kata Tessi, Dinas Pariwisata terus mendorong pemberdayaan masyarakat di destinasi pariwisata melalui program pengembangan kemitraan. Di antaranya, peningkatan kapasitas masyarakat dengan sub kegiatan pelatihan desa wisata, pembinaan homestay dan pelatihan pokdarwis.

“Untuk saat ini jumlah homestay di kabupaten belitung ada 110 homestay dengan jumlah kamar sekitar 158 kamar,” tandas Tessi. (rez)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: