banner 728x90

Ibnu Mati-matian Demi Lada

banner 468x60

Ir. Ibnu Saleh, M.M. Foto : bangkatengahkab.go.id

belitongekspres.co.id, KOBA – Mengembalikan kejayaan lada di Bangka Tengah sudah menjadi salah satu skala prioritas yang akan dilakukan Bupati Bangka Tengah H. Ibnu Saleh. Menurunnya produktifitas lada di tahun 2017 inipun menjadi PR tersendiri bagi Ibnu agar konsep ekonomi kerakyatan yang diprogramnya dapat berhasil memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Bangka Tengah (Bateng).

banner 300x250

Untuk itu, Ibnu pun meminta para tenaga penyuluh yang ada di daerahnya dapat dengan serius memberikan pendampingan kepada para petani lada, baik dalam mengatasi berbagai penyakit maupun meningkatkan profuktifitasnya. Bahkan, untuk memberikan pendampingan secara maksimal, Ibnu meminta para penyuluh di Bangka Tengah memiliki kebun lada yang bisa dijadikan sebagai percobaan.

“Kalau bisa setiap penyuluh di kita ini wajib memiliki kebun lada. Ini sudah sering saya sampaikan di setiap ada pertemuan dengan penyuluh,” ujar Ibnu Senin (31/07) kemarin.

Diungkapkannya, penyuluh merupakan ujung tombak dalam menambah pengetahuan petani tentang bercocok tanam yang baik dan diharapkan harus bisa memberikan contoh. Untuk itu, dengan adanya kebun lada sendiri, ini dapat memudahkan penyuluh dalam memberikan pendampingan kepada para petani. “Penyuluh harus memberi contoh dengan memiliki kebun lada. Jadi, tidak hanya sebatas teori saja, tetapi mereka bisa membuktikannya,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Sajidin menyampaikan bahwa sekarang ini setiap desa sudah memiliki penyuluh untuk mendampingi para petani di desa tersebut. Para penyuluh ini ditugaskan untuk membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi dan mengatasi penyakit pada tanaman. “Setiap satu desa itu kita tempatkan satu orang penyuluh. Itu prinsip kami dalam menempatkan penyuluh, sehingga bisa maksimal dan fokus dalam mendampingi para petani kita,” ucapnya. (obh)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: