banner 728x90

Ikhwan Fahrozi Jabat Sekda Beltim

banner 468x60

//Ini yang Akan Ikhwan Setelah Dilantik

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza SE resmi melantik Drs Ikhwan Fahrozi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Beltim. Acara pengambilan sumpah Jabatan dan pelantikan Sekda Beltim ini, digelar di Gedung Auditorium Zahari MZ Beltim, Jumat (24/11) kemarin.
Dalam sambutanya, Yuslih menyampaikan bahwa hasil seleksi lelang jabatan Sekda Beltim ini dilakukan dengan kriteria ideal. Hal itu tentunya tidak mudah didapatkan, dengan keterbatasan sumber daya aparatur yang ada di Beltim. “Namun ini dapat diukur dengan pemetaan kemampuannya dari seleksi jabatan secara terbuka,” ungkap Yuslih.
Kata Yuslih berkeyakinan proses seleksi pejabat ini, baik terbuka maupun tertutup (Job Fit), dilakukan melalui proses secara profesional. Meskipun menurutnya memiliki hak menentukan dan memilih salah satu dari tiga Pejabat yang direkomendasi Panitia Seleksi dan tidak harus berdasarkan nomor urut.
“Namun saya memutuskan kriteria yang sama dari urutan peringkat yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi dan telah mendapat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” ujarnya.
Menurut Bupati, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Sekda mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, serta pelayanan administratif dalam melaksanakan tugasnya.
“Sekda bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Dan setelah melakukan berbagai penimbangan, Maka Drs.lkhwan Fahrozi yang menempati peringkat pertama dari rekomendasi Panitia Seleksi. Karena itu pula, saya putuskan sebagai Sekda Kabupaten Belitung Timur,” jelas Yuslih.
Lebih lanjut dikatakan Yuslih, Jabatan Sekda bukanlah jabatan yang ringan, namun mengemban tanggung jawab yang berat. Salah satunya menyangkut loyalitas dan dedikasi terhadap Bupati dan Wakii Bupati.
“Maka kepada saudara Drs. lkhwan Fahrozi harus terus mau belajar, menggali dan meningkatkan kapasitasnya selaku Pembantu Utama Kepala daerah dari jajaran Aparatur birokrasi daerah. Lebih Ianjut kepada saudara Sekda yang baru saja dilantik, Saya berharap dapat melakukan untuk ke depannya. Saya akan terus mengevaluasi kinerja dan dedikasi Saudara dan seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional demi kemajuan pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Beltim,” harap Yuslih.
Selain itu harapan Yuslih kepada Sekda Beltim, setelah dilantiknya ini, tak lain adalah untuk bisa bekerja sama dengan sebaik baiknya, dengan mendukung visi misi serta program kerja Bupati dan Wakil Bupati Beltim.
Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada para pejabat peserta seleksi yang telah berpartisispasi dalam seIeksi calon Sekda Kabupaten Beltim. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Panitia Seleksi, Komisi Aparatur Sipil Negara, Panitia Penyelenggara Manajemen Kepegawaian Daerah serta pihak-pihak terkait yang telah membantu kelancaran proses seleksi dan terus melaksanakan manajemen kepegawaian ini,” tutupnya.
Sementara itu, Sekda Beltim Drs Ikhwan Fahrozi yang baru saja resmi dilantik Bupati Beltim, menyatakan akan langsung bekerja dengan tugas yang tentunya tidaklah mudah. Adapun awal kinerja Sekda Beltim adalah akan mengevaluasi kedalam Pemerintahan dengan pemetaan, sebelumnya yang dilakukannya sewaktu menjabat sebagai Plt Sekda Beltim.
“Kita akan melakukan pembinaan kedalam Pemerintahan, Karena boleh dikatakan jumlah SDM kita saat masih kurang (Sedikit). Untuk kemampuan sebenarnya bisa ditingkatkan, namun dari segi jumlah inilah yang dikatakan masih kurangnya pejabat pada golongan, terutama juga menjadikan kendala kita pada saat seleksi jabatan tinggi pratama (Sekda) kemarin,” ungkap Ikhwan kepada Belitong, usai pelantikan.
Ikhwan mengatakan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur dirinya juga akan melakukan binaan binaan kedalam. Kemudian lanjut Ikhwan dirinya juga kedepan akan menyiapkan karir-karir kedepan rekan ASN, dan pada gilirannya nanti mereka pun akan menempati jabatan yang lebih tinggi.
Menurut Ikhwan regenerasi itu sangatlah perlu, yang juga boleh diakui banyak saat ini diisi oleh rekan-rekan pejabat Beltim yang sudah berfaktor pada usia (Memasuki masa Pensiun).
“Pada tahun depan banyak juga rekan ASN yang akan memasuki masa pensiun, dan ini lah yang tentunya kita bersama Badan Kepegawaian akan memetakan ini. Apalagi dengan sistem sekarang ini, jumlah OPD akan bertambah tentu akan dilakukan berupa mekanisme seleksi jabatan (Job Fit),” terang Ikhwan. (feb)

banner 300x250

 

 

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: