banner 728x90

Iklan Kampanye Parpol Tidak Akan Difasilitasi KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Beltim memastikan pemasangan iklan kampanye oleh partai politik (Parpol) maupun calon anggota legislatif di daerah tidak termasuk bagian yang akan difasilitasi. Hal itu telah diatur dalam ketentuan berupa petunjuk teknis (juknis) nomor 581 yang dikeluarkan KPU RI.

Meski demikian, juknis tetap mengatur durasi iklan di media elektronik maupun space kolom di media cetak agar perlakuan pada setiap parpol maupun caleg sama. Termasuk biaya yang mungkin berlaku pada iklan kampanye tersebut.

“Kalau untuk iklan di media massa sesuai dengan petunjuk teknis. Misalnya di radio 60 detik satu spot berapa, media cetak satu halaman untuk paprol maupun caleg berapa. Itu dengan biaya sendiri,” ujar Ketua KPU Beltim, Rizal saat dikonfirmasi Belitong Ekspres, Senin (11/3).

Menurut Rizal, hal ini berbeda dengan pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK) yang pernah di fasilitasi KPU. Diakuinya, KPU sempat mempertanyakan anggaran iklan kampanye di media massa.

“Tapi kalau difasilitasi KPU seperti kampanye, berupa baliho dibuatkan KPU itu hanya disampaikan oleh KPU RI dan Provinsi untuk porsi kami. Kami pun dalam DIPA ini belum ada, (bertanya, red) bagaimana ini kok tidak seperti kampanye lalu,” kata Rizal.

Ia memastikan, pemasangan iklan kampanye di media massa diperbolehkan terhitung tanggal 24 Maret hingga 13 April atau berakhir satu hari sebelum masa tenang.

Rizal mengingatkan agar setiap iklan kampanye yang dipasang parpol maupun caleg tetap memperhatikan PKPU.

“Silahkan mereka memanfaatkan itu, kami juga menyampaikan ke Parpol yang intinya menghimbau jangan sampai ada unsur SARA, jangan sampai mendiskreditkan seseorang.

Normatif-lah ya, yang ada di PKPU. hal-hal apa saja yang boleh, berapa waktunya maupun berapa kolom di koran,” tandasnya. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: