banner 728x90

Imigrasi Tanjungpandan Beri Pemahaman Tentang Keimigrasian & Timpora di Beltim

Foto bersama usai sosialisasi pengawasan Keimigrasian dan Timpora di ruang pertemuan Hotel Oasis Manggar

Foto bersama usai sosialisasi pengawasan Keimigrasian dan Timpora di ruang pertemuan Hotel Oasis Manggar, Rabu (13/03).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan menggelar Sosialisasi Keimigrasian dan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Beltim Burhanudin di ruang pertemuan Hotel Oasis Manggar, Rabu (13/03).

Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Raharja mengatakan sosialisasi ini penting dilakukan di Kabupaten Beltim. Maka dari itu pihaknya mengundang 7 camat, Danramil, kapolsek serta unsur terkait pihak desa dan lainnya.

“Sosialisasi ini sangat penting sekali. Ini sebagai langkah awal pembentukan Timpora tingkat kecamatan yang akan kami kukuhkan tanggal 28 Maret nanti, oleh Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bangka Belitung,” kata Dewanto.

Dewanto menjelaskan, Timpora akan dibentuk di tingkat kecamatan serta akan segera ditetapkan Surat Keputasan (SK) oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan. Timpora tingkat kecamatan ini bertujuan untuk sinergitas terkait pengawasan orang asing, khususnya di wilayah Belitung umumnya.

“Seperti kita ketahui Belitung ini terdiri dari 2 kabupaten dan 12 kecamatan. Sehingga nanti Timpora tingkat kecamatan ini dapat efektif untuk melakukam sinergitas terkait pengawasan orang asing tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan setelah Timpora nanti terbentuk dan dikukuhkan, pihaknya akan menggelar rapat serta operasi bersama nantinya. “Usai rapat, kita tentunya akan operasi bersama, khususnya pengawasan orang asing di wilayah Belitung Timur ini,” imbuhnya.

Adapun garis besar materi yang disampaikan dalam sosialisasi, yaitu sebagai pemahaman awal terhadap apa itu keimigrasian secara global dan kemudian terkait pengawasan orang asing. “Hal-hal apa yang menjadi tusi masing-masing instansi, khsususnya dari imigrasi memaparkan terkait pengawasan orang asing itu, menjadi tugas kita bersama,” tukas Dewanto.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Burhanudin mengapresiasi langkah Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungpandan untuk melakukan sosialisasi Keimigrasian dan Timpora di Kabupaten Beltim. Sebagai sosialisasi ini memberikan pemahaman mengenai pengawasan keimigrasian dan tugas serta fungsi Timpora tersebut.

Menurutnya, sosialisasi ini penting dalam proses pulau Belitong untuk pengembangan investasi perusahaan yang bergerak di sektor kepariwisataan, pertambangan, dan perkebunan. Jangan sampai nanti ada masalah keimigrasian.

“Kita masih ada perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan pihak asing. Nah jangan sampai nanti ada penyalahgunaan keimigrasian oleh para aparatur di tingkat bawah. Baik itu kepala desa, penegak hukum di tingkat bawah. Nah biar lah orang Imigrasi yang memberi pemahaman ini,” katanya. (dod)

Related Search

Tags:
author

Author: