banner 728x90

Ini Investasi yang Cocok Saat Rupiah Melemah

Nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih terjebak tak berdaya akibat dari sentimen global yang menahan ruang gerak. Hingga pagi ini, Rupiah melemah tipis ke level Rp 14.000-an.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan, di tengah pelemahan nilai tukar Rupiah masih ada peluang investasi yang bisa menguntungkan.

“Instrumen investasi yang paling menguntungkan sekarang adalah deposito dan valas,” ujarnya kepada JawaPos.com, Selasa (15/5).

Menurutnya, dalam kondisi ketidakpastian ekonomi banyak masyarakat yang lebih memilih menabung dibandingkan belanja. Bunga rata-rata deposito masih menarik di atas 7 persen. Bahkan, beberapa bank menawarkan 8-9 persen dengan special rate.

Sementara untuk valas ada kecenderungan memegang Dolar AS. Jika melihat Dolar Index sejak Maret trennya terus naik dari 89 menjadi 92,5. Dolar index menunjukkan nilai tukar dolar AS terhadap enam mata uang dominan lainnya.

“Jika dolar index menguat artinya tren ke depan Dolar AS semakin perkasa. Beberapa pengusaha juga mulai mengoleksi dolar sebagai antisipasi melemahnya nilai tukar rupiah dalam jangka panjang,” tandasnya.

(ce1/mys/JPC)

Related Search

Tags:
author

Author: