banner 728x90

Ini Kendala DLHD Dalam Mengelola Sampah

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Koordinator Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung, Sumarno mengatakan, sampah yang menumpuk di TPS samping Pemandian Dayang Sripinai disumbang dari masyarakat berbagai Kelurahan di Kota Tanjungpandan.

“Ini dikarenakan beberapa TPS ada yang ditutup, misalnya seperti TPS Pasar Inpres. Jadi sebagian masyarakat membuang sampahnya di lokasi itu,” kaata pria yang akrap disapa Bang Marno ini kepada Belitong Ekspres Senin (18/9) kemarin.

Selain itu kata Marno, dari informasi yang diterimanya, sampah yang dibuang ke lokasi itu, (TPS,red) dilakukan pada malam har, bahkan sampai ada warga yang menggunakan mobil.

“Kalau menurut saya, untuk sampah rumah tangga tidak sebanyak itu. Karena beberapa TPS sudah ditutup maka terjadilah penumpukan di situ,”ungkapnya.

Meski begitu, Bidang kebersihan BLH terus bekerja untuk mengangkut sampah dari TPS untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir. Untuk membersihkan sampah-sampah di lokasi itu, biasanya hanya diangkut tiga kali sehari, sekarang sudah empat kali dalam sehari.

“Sesuai dengan intruksi dari Kepala DLHD sekarang pengangkutan sampah di TPS tersebut ditambah menjadi 4 kali pengangkutan dalam sehari,”katanya.

Ia menambahkan, permasalahan yang dihadapi pihaknya sekarang, karena tidak adanya lokasi untuk dijadikan tempat pembuangan sampah sementara.

“Kami sudah pernah mengirimkan surat edaran kepada kelurahan untuk menyiapkan tempat. Namun pihak kelurahan sudah tidak ada lagi lahan untuk bisa dijadikan tempat penampungan truck sampah,” pungkasnya. (rez)

Related Search

Tags:
author

Author: