banner 728x90

Inilah 7 Wisata Purworejo yang Patut Anda Kunjungi

Jawa Tengah nampaknya tidak pernah kehabisan sumber daya pariwisata yang disajikan bagi para pelancong domestik maupun mancanegara. Salah satu daerah di Jawa Tengah yang wajib Anda sambangi ialah Purworejo. Kabupaten ini kerap dikunjungi oleh para wisatawan sebagai tempat singgah bagi yang melewati jalur selatan. Mungkin sebagian dari Anda masih belum banyak mengenal banyak mengenai Kabupaten yang terbagi atas 16 wilayah administratif ini.

Kabupaten ini memiliki sejuta pesona alam dan panorama yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Purworejo menyajikan banyak spot objek wisata, situs budaya, hingga spot yang instaworthy bagi para pelancongnya. Dalam artikel ini, Anda akan diberikan beberapa list destinasi yang wajib Anda sambangi di Purworejo. Selain daftar rekomendasi, Anda juga perlu mempersiapkan tiket busĀ  als sebagai moda transportasi Anda, lalu Anda dapat baca artikel ini sebagai referensi Anda berlibur di Purworejo.

Curug Muncar

Objek Wisata Curug Muncar/foto net.

Destinasi wisata yang akan membuat liburan Anda terpuaskan di Purworejo ialah Curug Muncar . Destinasi ini dapat dilakukan dengan menempuh jarak 45 kilometer dari pusat kota. Daya tarik utama tempat ini ialah air terjunnya yang hampir mencapai 900 meter dari atas permukaan laut.

Pantai Ketawang

Pantai Ketawang/foto net.

Berlokasi di Kecamatan Grabag, tepatnya di desa bernama Ketawangrejo, pantai ini dapat dilalui dengan jarak tempuh sekitar 22 kilometer bila dari pusat kota ke arah selatan. Objek wisata dengan panorama yang masih sangat natural dan indah di Purworejo ini patut untuk Anda sambangi. Bila Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan perlombaan pacuan kuda yang dilaksanakan oleh para penduduk lokal di hari-hari tertentu di sepanjang pantai ini.

Goa Seplawan

Goa Seplawan/foto net.

Untuk menuju destinasi wisata ini Anda hanya perlu menuju ke arah timur dan menempuh jarak 20 kilometer. Selain udaranya yang sejuk di kawasan goa, di dalam goa tersebut terdapat beragam ornamen seperti bendungan gouwer, sedotan soda, helekit, stalaktit, aliran batu, stalaktit, dan dinding-dinding yang memiliki ornamen ikan. Panorama apik yang menghiasi kawasan goa, termasuk hutan pinus yang kelihatan asri dan taman bunga yang pastinya menjadi favorit setiap pelancong. Objek wisata alam yang pertama ini menghasilkan karya arca emas Dewi Pawestri dan Dewa Syiwa dengan berat 1,5 kilogram di tahun 1979.

Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan/foto net.

Dari puncak bukit inilah keindahan Pantai Selatan dan kota Purworejo dapat dinikmati dari spot wisata ini. Tidak hanya panorama indahnya saja yang menjadi keunggulan destinasi wisata ini, tapi Geger Menjangan juga memiliki beberapa objek wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh anak-anak dan jug orang dewasa. Terdapat kolam renang, taman khusus untuk anak-anak, taman pemancingan dan meja bilyar.

Benteng Pendem

Benteng Pendem/foto net.

Benteng yang sarat akan kisah dan sejarah ini dapat dijadikan wadah rekreasi bagi pelancong domestik maupun mancanegara. Berlokasi di Bagelen, tepatnya berada di Dusun Bapangsari Krendetan, Perbukitan Dukuh Kaliwaru, Benteng Pendem ini memiliki tinggi 200 meter dari atas permukaan laut dengan jumlah benteng sebanyak 29 buah. Pada saat itu, Jepang membangunt benteng ini pada tahun 1945. Selain berfungsi sebagai media pertahanan, benteng ini juga menjadi tempat pengintaian.

Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang/foto net.

Pada dasarnya, memang pantai di Purworejo memiliki perbedaan yang ketara dengan pantai yang ada di Gunung Kidul dan juga Pacitan, di mana pasirnya berwarna putih dan dikeluarkan oleh bukit-bukit hijau. Pantai Jatimalang merupakan salah satu pantai di Purworejo dengan pasir yang warnanya coklat atau sedikit kehitaman, dan tampak serupa seperti yang di pantai Kulonprogo dan Bantul. Dari pusat kota Purworejo, pantai ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 18 kilometer dan tergolong mudah terjangkau dengan kendaraan roda empat sekalipun.

Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji/foto net.

Museum ini merupakan tempat khusus yang memilah koleksi keris atau Tosan Aji. Perlu Anda ketahui bahwa Tosan Aji adalah salah satu hasil budaya yang nenek moyang wariskan untuk dijadikan identitas budaya Indonesia. Mulanya, museum ini berada di Pendopo Kawedanan Kutoarjo, namun pada tahun 2001 museum ini dipindahkan ke Purworejo oleh Pemerintah Kabupaten. Kini, Museum Tosan Aji berlokasi di gedung bekas Pengadilan Negeri yang aktif pada masa kekuasaan Belanda. (*/yud)

Related Search

Tags:
author

Author: