banner 728x90

Intelkam Kerahkan Bapulbaket

banner 468x60

* Tangkis Isu SARA

PANGKALPINANG – Direktur Intelijen dan Keamanan (Dir-Intelkam) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kombes Pol Nanang Juni Mawanto mengatakan bahwa pihaknya siap menyikapi Organisasi Masyarakat (Ormas) atau individu yang terbukti menebar Isu Suku, Ras, Agama dan Antar Golongan (SARA).

Menurutnya sikap tersebut bisa ditindaklanjuti secara hukum, Pasal secara khusus yang diedarkan Kapolri melalui Surat Edaran (SE) Nomor: SE/6/X/2015 dan ketentuan yang sudah diluncurkan oleh Polri melalui penanganan kasus tentang Ujaran Kebencian (Hate Speech).

banner 300x250

“Bagi penyebar isu SARA lewat Medsos (Media Sosial-red) bisa diproses dengan Pasal yang sudah ditetapkan tentang Hate Speech, mulai dari penghasut hingga penyuruh melakukan kekerasan bisa ditangkap. Namun kita harus tetap mengumpulkan barang bukti dan informasi berupa kesaksian untuk memperkuatnya,” terangnya.

Ia menambahkan, Polda Babel juga terdapat unit Cyber Crime, akan tetapi tidak secanggih unit Cyber Crime di Mabes Polri. Kendati demikian, apabila terjadi kasus yang tidak bisa diselesaikan oleh unit Cyber Crime Polda Babel, maka Direktorat (Dit) Intelkam siap melimpahkan kasus tersebut ke Mabes Polri.

Dir-Intelkam pun menyatakan pihaknya tetap bertugas dalam deteksi dini di lapangan secara rutin terus-menerus. Dit-Intelkam Polda Babel pun telah membentuk Bintara Pengumpul Bahan Keterangan (Bapulbaket) yang mempunyai misi menghimpun informasi secara langsung maupun lewat pengamatan di lapangan.

“Deteksi dini penting, ada riak-riak yang keberatan dari warga akan terpantau langsung, jika ada kelompok yang ilegal maupun asing dan kriminal akan terbaca oleh personil Bapulbaket. Itu disebar di wilayah hukum tingkat Polsek dan Polres, personil wajib mampu mengamankan informasi dan sumbernya yang berguna,” pungkas Nanang. (lay)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: