banner 728x90

Irit, PLN Dorong Industri Gunakan Listrik Premium

banner 468x60

PANGKALPINANG– PT PLN Wilayah Bangka Belitung mendorong agar industri smelter untuk menggunakan layanan listrik premium. Sebab, dengan menggunakan layanan listrik premium PLN, industri jenis ini akan mendapatkan berbagai jenis benefit.

Deputy Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Babel, Agus Yuswanta mengatakan dengan menjadi pelanggan PLN, para pelaku industri smelter akan mendapatkan efisiensi rata rata sebesar 40 persen dibandingkan dengan menggunakan mesin genset atau pembangkit sendiri.

banner 300x250

“Layanan premium ini cocok bagi industri smelter mengingat peralatan yang digunakannya membutuhkan aliran listrik yang andal dan efisien. Misalnya penggunaan listrik untuk menggerakkan tanur sebagai alat pengolahan timah,” ujar Agus saat jumpa pers dengan awak media di Cafe BOC Pangkalpinang, Selasa (9/5).

Ia mengungkapkan bahwa ada pelaku industri menggunakan genset sebagai sumber listrik yang mana menghabiskan biaya operasional mencapai tiga milyar (3 M) tiap bulan untuk operasional dan pemeliharaan, tapi saat beralih menggunakan layanan premium biaya operasional dapat ditekan menjadi 1,3 M per bulannya. Hingga saat ini sebanyak tujuh pelaku industri smelter telah menikmati layanan premium atas pertimbangan efisiensi dan keandalan pasokan listrik.

” Untuk mendapatkan layanan premium pelanggan dapat menghubungi kantor layanan PLN terdekat. Potensi dari industri smelter yang tercatat di data kami sebesar 27,7 MW yang terdiri atas 22 pelanggan. Saat ini daya mampu listrik untuk sistem Bangka tercatat sebesar 152 Mw dengan beban puncak 127,6 MW. Sedangkan untuk sistem Belitung daya mampu sebesar 62,6 Mw dengan beban puncak 37,1 Mw. Kondisi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan industri smelter di Bangka Belitung,” terangnya.

Diungkapkan Agus, layanan premium ini merupakan layanan pelanggan dengan fasilitas berupa pembangunan jaringan tegangan menengah daya >200 kvA dan tegangan rendah pelanggan rumah tangga 21300, bisnis daya 6600 200 kvA, dan industri 14 kvA-200 kvA. Layanan ini memiliki pilihan layanan Platinum, Gold, silver, dan Bronze. ” Bedanya dengan layanan reguler, pelanggan premium akan mendapatkan pasokan dari dua jalur suplay yang berbeda, sehingga tingkat keandalan yang terjamin,” yakinnya.

Agus menegaskan bahwa PLN berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Provinsi Bangka Belitung. “Kami mendukung agar industri smelter di Bangka Belitung lebih memiliki daya saing,” katanya. (Fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: