banner 728x90

Jatah Sapi Presiden untuk Warga Tempilang

Sapi Jenis Limosin Cross Dari Presiden Untuk Warga Tempilang.

//Berat 1 Ton Senilai Rp 100 Juta

PANGKALPINANG – Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan menyumbangkan seekor sapi kurban seberat 1 ton untuk warga Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. Sapi tersebut dibeli di Sapi Center, Pangkalan Baru sekitar Rp 100 juta. Sapi berjenis Limosin Cross ini pun diperlakukan istimewa di kandang oleh pengelola Sapi Center.

Sapi berwarna coklat tua ini selalu dimandikan dan diberi asupan makanan segar, sehingga menjaga kebugaran sapi sebelum dikurbankan nanti. “Alhamdulillah ini sudah keempat kalinya pak Presiden membeli sapi di tempat kami. Sebelum dikurbankan sapi tetap berada dikandang kita di Sapi Center, untuk dilakukan perawatan agar tetap sehat dan bugar,” ujar Pengelola Sapi Center, Syahril Sabidin kepada Babelpos, Rabu (8/8).

Sapi ini akan dibawa ke Kecamatan Tempilang sehari sebelum dikurbankan. Nantinya akan dibagikan kepada warga kurang mampu, di Kecamatan Tempilang. “Insya Allah sapi ini akan kita antar sehari sebelum Hari Raya Idul Adha ke tempat pemotongan di Tempilang, Bangka Barat,” ucap Syahril.

Sementara, pengurus Masjid Jamik, Desa Benteng Kota, Kecamatan Tempilang, Bangka Barat mengatakan sedikitnya ada 1.000 lebih warga telah terdata untuk menerima pembagian hewan kurban nanti. “Untuk pembagiannya nanti kita siapkan kupon, dan kita lihat dulu berapa banyak daging dari sapi ini nantinya usai disembelih,” ujarnya saat ditemui usai menerima sapi di Sapi Center.

Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) juga telah berkoordinasi dengan pihak Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Babel untuk melakukan pengecekan terhadap sapi yang menjadi bantuan Presiden. “Kita juga meminta kepada petugas kabupaten untuk aktif mengecek kesehatan hewan tersebut,” ujar Kepala Distanbunnak Babel, Toni Batubara ketika ditemui ruang kerjanya, kemarin (8/8).

//Awasi Pemotongan di Sejumlah Titik

Distanbunnak juga siap melakukan tugas pengawasan pelaksanaan pemotongan hewan kurban Idul Adha 1438H/ 2018 di sejumlah titik di Babel. Disamping melakukan tugas pengawasan, edukasi juga diberikan kepada masyarakat terkait standart pemotongan hewan kurban.

“Bagaimana teknik pemotongan hewan kurban yang benar tetap terus kita edukasikan kepada masyarakat, karena kalau tidak dilaksanakan dengan baik dan benar maka berdampak kepada kualitas daging kurban,” ujar Kasi Kesmavet dan PPHP Distanbunnak Babel, Dodi Novianto, kemarin (8/8).

Dodi juga memastikan kebutuhan daging sapi maupun daging ayam menghadapi Idul Adha 1439 H akan tercukupi. Harga pun lebih stabil dibandingkan saat menghadapi kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kalau di lebaran haji ini beda dengan lebaran Idul Fitri. Orang biasanya lebih fokus dengan hewan kurban. Penjual di pasar pun mengerti bahwa tidak akan berani menjual dengan harga tinggi karena kebutuhannya memang tidak sebanyak Idul Fitri.” kata Dodi. (Fiz/Mg01/lya)

Related Search

Tags:
author

Author: