banner 728x90

JELANG LEBARAN, Penukaran Uang  Kecil Meningkat


Yoga Pratama

//Pecahan Rp5 Ribu dan Rp10 Ribu Paling Diminati
MANGGAR – Penukaran uang kartal baru dengan denomimasi di bawah Rp 50 ribu menjelang lebaran Idul Fitri mengalami peningkatan. Sejumlah perbankan di Kota Manggar pun mempersiapkan uang pecahan kecil guna memenuhi permintaan nasabah maupun masyarakat lain.
“Untuk lebaran tahun 2018, BRI KCP Manggar sebenarnya tahap awal mempersiapkan sekitar Rp 400 juta penukaran uang kecil dan baru,” ungkap Pimpinan Cabang Pembantu BRI Manggar, Yoga Pratama saat ditemui
Belitong Ekspres, Selasa (5/6) kemarin.
Yoga menjelaskan uang kecil yang disiapkan oleh KCP Manggar terdiri dari nominal Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu. Ia menambahkan, pihak KCP sengaja tidak menyimpan stok terlalu banyak mengingat biasanya ada layanan kas keliling Bank Indonesia.
“Tapi sudah mempersiapkan kalau ada naabah kami yang memang kebetulan transaksi dan mau melakukan penukaran uang. Untuk kegiatan penukaran uang baru sudah dilaksanakan sejak hari Jum’at lalu tanggal 31 Mei nanti berakhir sebelum lebaran tanggal 8 Juni,” beber Yoga.
Yoga juga menambahkan penukaran uang hanya dibatasi maksimal Rp 3,7 juta per nasabah. Meski demikian, pelayanan penukaran juga melayani masyarakat umum selain nasabah.
“Memang ada kebijakan BI dan internal BRI setiap orang dibatasi maksimal Rp 3,7 juta dan boleh melakukan penukaran lagi setelah 4 hari. Jadi misalnya, penukaran uang hari Senin maka empat hari kemudian, Jum’at baru bisa menukarkan uang kembali,” kata Yoga.
Yoga menyatakan kebijakan tersebut bertujuan untuk menghindari calo yang melakukan penukaran dalam jumlah besar untuk dijual kembali ke masyarakat. Selain itu juga, agar masyarakat luas bisa menikmati layanan penukaran uang di BRI.
“Kalau saat ini memang pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu paling diminati, tapi paling besar lagi yang Rp 5 ribu paling banyak diminati,” ulasnya.
Sementara itu, Head Teller Bank Sumsel Babel Cabang Manggar Wahyu Febrianto menyatakan bank Sumsel Babel sudah mengambil uang di Bank Indonesia sejak sepekan sebelum puasa dan mulai disebarkan. Pengambilan bisa
dilakukan nasabah, masyarakat umum dan Dinas
“Pengambilannya sudah 3 kali dari BI sekitar Rp 6 milIar uang besar dan uang kecil sekitar Rp 3,5 miliar. Kalau hari ini kita ngambil lagi stok dari BI sekitar Rp 1,5 miliar lagi,” kata Wahyu.
Sama dengan perbankan lainnya, Wahyu mengatakan bank Sumsel Babel mempersilahkan nasabah maupun masyarakat umum datang dan menukarkan uang pecahan kecil. Pelayanan penukaran juga bisa dilakukan di Kantor Cabang Pembantu Manggar.
“Kalau masyarakat bisa datang langsung datang ke sini. (Pelayanan) yang pastinya kalau memang ada masyarakat datang kita layani,” sebut Wahyu. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: