banner 728x90

Jocellyn, Siswi Peraih  Nilai USBN SD Tertinggi

Jocellyn Angelina Susanto

MANGGAR – Jocellyn Angelina Susanto atau yang akrab disapa Angel memperoleh nilai tertinggi di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Dasar (SD) tahun 2018.
Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim, nilai tertinggi atau rangking satu peraih nilai USBN SD dari jumlah 2008 orang siswa-siswi SD se-Beltim diraih oleh Jocellyn Angelina Susanto dari SD Baptis Manggar.
Anak pasangan Oktoriadi dan Berliana ini berhasil mendapatkan total nilai 284,1 dengan rincian Bahasa Indonesia 91,8, Matematika 94,6 dan IPA 97,7.
Siswi kelahiran 7 Mei 2006 ini sangat senang mendapatkan rengking pertama se Beltim karena sebelumnya sudah mempersiapkan ujian dengan matang ditambah lagi dengan dukungan dari sekolah dan keluarganya.
“Sangat senang mendapatkan nilai tertinggi. Dukungan dari pihak sekolah dan terutama orangtua yang buat aku semangat belajar,” ungkap Angel saat ditemui di SD Baptis Manggar, Kamis (7/6).
Lalu bagaimana kiat belajar pelajar ini? Ia mengungkapkan kiat belajarnya yakni tekun belajar dan berdoa. Sehabis pulang sekolah, ia lanjutkan dengan les. Kemudian belajar lagi jam 19.00-20.30 WIB dan sebelum tidur selalu berdoa. “Rajin belajar dan selalu berdoa, yakin Tuhan pasti tolong,” ungkapnya.
Keberhasilannya mendapatkan rangking pertama mendapat kado istimewa dari orangtuanya yakni satu buah unit handphone. “Pihak sekolah ngasi piagam perhargaan dan orangtua ngasi hp,” ujar Angel dengan bangga seraya berharap melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 1 Manggar.
Kepala sekolah SD Baptis Manggar Paulus memuji prestasi Angel. Menurut Paulus, Angel sudah terlihat berprestasi sejak masuk sekolah dasar. Keberhasilan Angel mendapatkan nilai tertinggi telah membawa nama baik sekolah dan keluarganya.
“Kami sangat apresiasi prestasi Angel bisa mendapatkan rangking pertama USBN se-Beltim. mudah-mudahan Angel sukses dikemudian hari,” kata Paulus.
Sementara itu Kasi Kurukulum Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim Alfian mengatakan motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa termasuk dukungan dari orangtua. Prestasi yang diraih Angel diharapkan bisa diikuti oleh pelajar lain untuk lebih giat belajar. Keberhasilan siswa sangat mempengaruhi peringkat sekolah dan salah satunya SD Baptis Manggar.
“Untuk mencapai tujuan itu, guru mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Ia harus berusaha memberikan motivasi kepada siswa agar timbul ketertarikan dalam diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu perhatian orang tua juga sangat diperlukan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga memperoleh prestasi belajar sesuai dengan yang diharapkan,” terang Alfian. (Rilis Kominfo)

Related Search

author

Author: