banner 728x90

Juleha Diajarkan Cara Sembelih Hewan Qurban

Suasana Bimtek Juru Sembelih Halal (Juleha) di ruang rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Selasa (07/08).

//Teori dan Praktek Sesuai Syariat Islam

TANJUNGPANDAN – Menjelang Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Belitung menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (Juleha). Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta dari beberapa Juru Sembelih Qurban Mesjid dan Mushola di Kecamatan Tanjungpandan.

“Kegiatan Bimtek bejalar teori dan praktek memotong hewan Qurban dengan benar dan sesuai syariat Islam,” kata Plt Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Belitung Yeni Purwanti kepada Belitong Ekspres, usai acara Bimtek, Selasa (7/8).
Yeni berharap, setelah Bimtek penyembelihan hewan qurban bisa menghasilkan daging yang halal dan toyiban. “Di sini diajarkan cara penyembelian yang benar, pemotongan serta cara pembagian kemasyarakat itu nantinya,” ujarnya lagi.

Sementara itu Plt Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Belitung, Joko Sutrisno berharap kepada peserta yang bisa berbagi ilmu dengan para juru sembelih yang lain.

“Pesertanya hanya 20 orang, jadi kita harapkan peserta ini dapat menyampaikan hasil Bimtek ini kepada teman-teman yang lain. Mudah-mudahan tahun depan kita menganggarkan lagi pelaksanaan Bimtek untuk kecamatan di luar Tanjungpandan nantinya,” kata Joko.

Muhamad Basir Juru Sembelih hewan Qurban Mesjid Desa Air Merbau menyambut baik adanya kegiatan Bimtek. Sebab, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi petugas penyembelih qurban saat Idul Adha nantinya.

“Sangat baik, sangat mendukung, dan sangat berguna bagi kami selaku petugas penyembelih. Selama ini mungkin secara teknis kami belum dapatkan, dengan adanya kegiatan Bimtek ini nambah ilmu dan sangat bermanfaat,” ujarnya. (mg1)

Related Search

Tags:
author

Author: