banner 728x90

Jumlah Bangunan Sekolah Negeri Kurang

banner 468x60

*Disdikbud Berusaha Ajukan Penambahan

banner 300x250

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Jumlah infrastruktur bangunan sekolah negeri di Kabupaten Belitung bisa dikatakan kurang. Berdasarkan data yang diterima Belitong Ekspres dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten, total rumah sekolah se-kabupaten Belitung hingga saat ini terhitung 161 buah.

Adapun rinciannya sebanyak 121 buah SD/MI, 32 buah SMP/MTS, dan 15 buah SMA/SMK. Jumlah tersebut sudah termasuk sekolah-sekolah negeri maupun swasta, dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung.

“Kalau dikatakan kurang, bisa dikatakan demikian. Sebab ada beberapa wilayah yang di Tanjungpandan ini belum tercakup. Misalnya anak-anak kita yang berada di Dusun Kelapa Kera, dan sekitarnya sekolah di SMPN 2 dan SMPN 6 Tanjungpandan,” kata Kepala Disdikbud Kabupaten Belitung Irfani Mauran kepada Belitong Ekspres, Rabu (2/8) kemarin.

Ia melanjutkan, berdasarkan sistem zonasi yang ingin diterapkan oleh pemerintah pusat sekarang ini, memang keberadaan sekolah di sekitar wilayah-wilayah tersebut memang betul-betul dibutuhkan.

“Untuk angka riilnya nanti silahkan nanti ditanyakan kepada bidang terkait (Kabid Pembinaan SMP,red). Karena kalau berbicara angka kita, tidak bisa mengarang. Tertampung tidaknya silahkan nanti tanya ke beliau,” ujarnya.

“Kalau hitung-hitungnya kita masih tertampung, kan kita masih memiliki sekolah-sekolah swasta. Keberadaan mereka ini kan harus kita hidup kan juga. Tidak bisa kita biarkan begitu saja,” sambungnya.

Meski demikian, Irfan sapaan akrab Kepala Disdikbud menegaskan, pihaknya akan tetap berusaha mengajukan penambahan jumlah sekolah. Sebab dari tahun ke tahun penduduk di Kabupaten Belitung semakin bertambah.

“Yang pasti akan kita tambah. Sudah ada rencananya. Tetapi lahannya ada atau tidak. Karena lahan merupakan syarat utama untuk pengajuan ke pusat. Mereka akan menanyakan itu dulu soalnya,” sebutnya.

“Kalau SMA, kurang tidaknya silahkan nantinya tanya langsung ke pihak (provinsi,red) terkait. Sebab untuk kapasitas menjawabnya bukan kami lagi. Namun kita tetap menyarankan atau menyampaikan kepada mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud kabupaten Belitung Sutawijaya menyatakan, jumlah pelajar SMP se-Kabupaten Belitung 9.153 orang. Sedangkan pelajar SD sekitar 19.700 orang. “Jumlah ini berdasarkan data yang ada pada tanggal 20 Juli 2017. Semuanya terhitung, baik untuk pelajar SD maupun SMP,” pungkasnya. (i1s)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: