banner 728x90

Kades Badau Juga Fokus Program Pemberdayaan

banner 468x60
kades-badau-hermawan-copy

Kades Badau Hermawan

TANJUNGPANDAN-Kepala desa (Kades) Badau Hermawan mengatakan tahun 2017 ini, pihaknya tetap fokus dengan program pemberdayaan masyarakat. Program itu sama halnya dengan Pemerintah Desa Padang Kandis, Membalong. Program priopritas ini satu di antara beberapa Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) yang diusulkan dan akan diverifikasi di Kecamatan Badau.

banner 300x250

“Banyak perusahaan yang ada di desa namun, tidak bisa menampung warga sekitar dengan alasan Skill (Kemampuan-red) yang tidak memadai. Makanya, kami akan fokus pada program pemberdayaan masyarakat,”ujarnya kepada Belitong Ekspres Jumat (13/1) kemarin.

Menurut Hermawan, dengan skala prioritas pada bidang pemberdayaan maka masyarakat diharapkan mandiri kedepanya. Warga desa bisa mempunyai skill dan keterampilan untuk membuka usaha sendiri ataupun pada saat bekerja di perusahaan.

Dijelaskanya, program pemberdayaan itu seperti pelatihan ketenagakerjaan antara lain di bidang Las, menjahit, komputer, service elektronik maupun pelatihan yang bisa memberikan keterampilan lainya.

“Kita ingin anak-anak muda di desa mempunyai keterampilan yang nantinya bisa digunakan di tempatnya bekerja ataupun membuka usaha sendiri,’jelasnya.

Kata Hermawan, selain program bidang pemberdayaan, juga ada pembentukan kelompok tani, pembangunan jalan tani dan program yang belum diakomodir di tahun sebelumnya.

Salah satunya, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa badau sudah terbentuk, yang saat ni tinggal penyertaan modal. “Insyaallah tahun ini anggaran akan dicairkan dan bisa dijalankan,” katanya.

Masih menurut Hermawan, dengan adanya BUMDes para pelaku UMKM diharapkan bisa lebih bersemangat untuk fokus dalam mengembangkan usaha mereka. Selain itu, juga bisa membangkitkan minat warga untuk membuat kerajinan.

“BUMDes sudah terbentuk tinggal penyertaan modal saja. Kita harapkan. Kedepanya dapat meningkatkan perekonomian warga desa,’katanya.

(mg1)

 

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: