banner 728x90

Kampung KB Desa Senyubuk Dicanangkan Sebagai Kampung KB

MANGGAR – Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Rabu, (10/2) kemarin. Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat yang diwakili Sekretaris Utama, Ambar Rahayu, Asisten I Bupati Beltim, Sarjono dan Kepala BKKBPA Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Mustofa.

Meski acara berlangsung di bawah guyuran hujan lebat, kurang lebih 300 ratus undangan hadir dalam acara ini. Tampak diantara undangan Wakapolres Beltim, Dadang Kurniawan, Forkominda Kabupaten Beltim, anggota DPRD Beltim, Pimpinanan SKPD dan para kader dan akseptor KB.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Kabupaten Beltim, Liatim menjelaskan dipilihnya Desa Senyubuk menjadi Kampung KB dikarenakan Desa Senyubuk kurang banyak tersentuh program KB. Desa ini dianggap layak mengingat partisipasi warganya masih kurang.

“Ada kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan dari BKKBN Pusat. Misalnya peserta KB aktif masih rendah, BKKMDT masih rendah, serta kurang tersentuh oleh program-program KB,” ungkap Liatim.

Ia mengungkapkan Kabupaten Beltim merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Bangka-Belitung yang akan menyiapkan Kampung KB untuk tiap kecamatannya.

“Di tahun 2016 ini kita akan menyiapkan 7 Desa dari 7 Kecamatan di Kabupaten Beltim yang akan jadi Kampung KB. Kampung KB ini akan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Beltim,” ujarnya. (feb)

Related Search

Tags:
author

Author: