banner 728x90

Kapolda: Polisi Terlibat Tambang Ilegal Pecat

banner 468x60

*Sebagai Komitmen dalam Memberantas Tambang Ilegal di Babel

TANJUNGPANDAN-Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Drs Anton Wahono, menegaskan, tidak akan memberi ampun anggotanya jika terbukti membekingi penambangan timah ilegal. Kegiatan tambang ilegal yang dimaksud seperti di kawasan Hutan Lindung (HL), Hutan Lindung Pantai (HLP), Hutan Produksi (HP) dan wilayah terlarang lainnya seperti Daerah Aliran Sungai (DAS).
Selain itu, Kapolda juga mewarning jangan sampai anggota polisi terlibat dalam kegiatan tambang timah illegal atau tanpa izin di kawasan yang dilarang lainnya. Jika tidak, sanksi tegas hingga pemecatan tetap akan dilakukan.

banner 300x250

Itu ditegaskannya, kepada Belitong Ekspres, Jumat (9/12) lalu, ketika menanggapi banyaknya informasi mengenai dugaan penambangan ilegal di wilayah Pulau Belitung. Teranyar, seperti baru-baru ini Satpol PP Kabupaten Belitung dan Polsek Tanjungpandan, telah merazia tambang timah ilegal di kolong IPA 20 PDAM Jalan Aik Bulo RT 021 Desa Air Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan.
“Saya tidak akan pandang bulu, siapapun itu termasuk anggota polisi yang membekingi dan terlibat tambang ilegal, tetap ditindaktegas.

Bila perlu pecat saja. Inilah komitmen saya dalam memberantas tambang ilegal,”tegas Kapolda.
Menurut Brigjen Pol Anton, masalah kasus pertambangan ilegal sudah tidak asing lagi di telinganya. Sebab, beberapa tahun lalu pria sempat menjabat Kapolres di Pulau Bangka, sudah sering menangani kasus itu, terutama adanya dugaan bekingan oknum polisi.
“Tugas polisi adalah mengamankan Hutan lindung. Bukan merusak Hutan lindung, kalau polisi merusak, lalu siapa yang akan melindungi hutan,” paparnya.

Kepada Kapolres Belitung AKBP Sunandar Kapolda juga meminta untuk menindak tegas adanya aktivitas pertambangan, khususnya di kawasan hutan. Apalagi, Belitung saat ini sudah melepas sektor pertambangan dan menuju ke pariwisata.
Kapolda Babel kembali menegaskan jika terbukti adanya oknum yang bermain atau membekingi tambang ilegal, pihaknya berjanji siap memberikan menindaktegas berupa sanksi pemecatan.

Namun, selama kurang lebih dua bulan bertugas di Babel, Kapolda belum mendapat pernah laporan adanya aparat khususnya kepolisian yang bermain atau membeking tambang ilegal.

“Kalau ada oknum polisi yang terlibat tambang ilegal di kawasan hutan, jangan takut melaporkan dan tetap akan kami tindaklanjuti. Tapi, saya harap jangan sampai ada anggota yang terlibat tambang ilegal tersebut,” tandas Kapolda. (kin)

Related Search

banner 468x60
author

Author: