banner 728x90

Karya Bakti TNI, Peduli Kebersihan Aliran Sungai

TANJUNGPANDAN – Jajaran Kodim 0414 Belitung, kembali menggelar aksi bersih-bersih lingkungan. Kali ini, targetnya kawasan aliran Sungai Air Pancor, Pangkallalang, Jumat (10/8) akhir pekan lalu.

Karya Bakti TNI ini, diikuti sejumlah instansi di Kabupaten Belitung, seperti Polres Belitung, Satpol PP Kabupaten Belitung, Polsek Tanjungpandan, Lanud HAS Hanandjoeddin, dan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Belitung.

Kasdim 0414 Belitung Mayor Inf Ruhin mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kondisi sungai yang ada di Belitung. Khususnya, di lokasi aliran Air Pancor, Tanjungpandan.

Menurut Mayor Ruhin, keadaan sungai di lokasi itu sangat memprihatinkan. Sepanjang, jembatan pertama Jalan Jendral Sudirman, kali tersebut dipenuhi sampah dan rumput-rumput yang menjalar.

“Setelah dilakukan kerja bakti seperti ini, kita bisa lihat sendiri, sungai sedikit demi sedikit sudah mulai terlihat bersih. Rencana, kita akan terus melakukan kegiatan ini,” kata Mayor Inf Ruhin.

Dalam hal ini, TNI Polri mengajak masyarakat mendeklarasikan diri untuk memerangi sampah di Kabupaten Belitung. Menurutnya, selain di Air Pancor, juga ada tempat yang banyak sampah.

Seperti di Jembatan Siburik dan di kawasan Kampong Parit. Dengan adanya aksi bersih-bersih ini, diharapkan adanya kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Belitung harus bersih. Apalagi, pulau ini menjadi tujuan pariwisata di Indonesia. Jangan sampai, wisatawan yang datang, mengeluhkan banyaknya sampah yang berceceran,” kata Ruhin.

Apalagi, ini bulan Agustus. Tentunya kata Ruhin banyak event-event besar yang digelar di Kabupaten Belitung. Sehingga, banyak wisatawan berkunjung dan berliburan ke Belitong.

“Kegiatan ini juga memperingati hari kemerdekaan yang sebentar lagi dilaksanakan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, Belitung bisa lebih bersih,” pungkasnya. (kin)

Related Search

Tags:
author

Author: