banner 728x90

Kaur Harus Paham Teknologi Informasi

*Perlunya Dilakukan Bimtek, Agar Tugasnya Maksimal

TANJUNGPANDAN-Para kepala urusan (Kaur) di Pemerintah Desa memiliki peran penting dalam menjalankan tugas melayani masyarakat sebaik mungkin. Karena itu, para Kaur harus memiliki kemampuan yang baik sesuai dengan tugas pokok fungsi sebagai aparatur di pemerintah desa. Lantas, tahun 2017, tantangan makin besar karena dalam menjalankan tugas, para Kaur akan melakukannya dengan sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi.

“Berdasarkan hasil rapat para kades yang tergabung dalam APDESI Belitung, pentingnya Kaur untuk meningkatkan kualitas, karena itu penting untuk diadakan bimtek (bimbingan teknis) seputar pemerintah desa. Termasuk intinya bagaimana pula para kaur ini paham (melek,Red) teknologi informasi,’’ ujar Ketua DPC Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Belitung Haryadi kepada Belitong Ekspres, usai rapat di Kantor PBPMPDPKB, Rabu, (26/10), kemarin.

Haryadi, mengatakan, pertemuan ini hanya melanjutkan pertemuan lisan antara BPBPMPDPKB dengan sejumlah kades adanya usulan dari desa untuk mengadakan Bimtek untuk para Kaur. Bimtek tersebut nantinya akan diikuti oleh kaur keuangan, kaur perencanaan dan  kaur pelayanan. “Diharapkan mereka makin mampu memahami tupoksi sehingga pelayanan ke masyarakat standar dan memuaskan,’’ ucapnya.

Kata Haryadi, kesimpulannya bimtek kaur akan diadakan pekan kedua November mendatang. Lantas, APDESI sebatas mengakomodir, untuk fasilitas diserahkan kepada Pemdes dan BPBPMPDPKB. “Kegiatan tersebut menggunakan dana APBDes, jadi tinggal dari masing-masing desa yang menyisir anggaran. Kalau masih ada, mereka diberangkatkan. Namum, kalau sudah tidak ada tidak bisa memaksakan berangkat,” jelas Haryadi yang juga Kades Air Ketekok.

Menurut Haryadi, Bimtek tersebut dasarnya diharapkan agar kaur memahami tugasnya. Sebab, pada tahun 2017 mendatang dalam menjalankan sistem di pemerintah desa, akan menggunakan semacam aplikasi berbasis teknologi informasi (TI). Dengan begitu, diharapkan mereka tahu tugas mereka seperti apa. Sebab, pada tahun-tahun berikutnya, kinerja para kaur ini akan dipertanggungjawabkan oleh masing-masing.

Pantauan Belitong Ekspres, nampak hadir dalam rapat kemarin, Plt Camat TanjungPandan Fithrorozi, Ketua APDESI Haryadi, Ketua Forum Komunikasi BPD Belitung Suhairi Sahar, Camat Selat Nasik, Perwakilan BPBPMPDPKB, serta Kades dan Sekdes se-Kabupaten Belitung.(mg1)

Related Search

Rate this article!
Tags:
author

Author: