banner 728x90

KEISTIMEWAAN RAMADHAN

Suargo, S.Ikom (Ketua PW IKADI Babel)

Sebagai mukmin sejati, kedatangan dan kehadiran Ramadhan yang mulia pada tahun ini merupakan sesuatu yang amat membahagiakan kita karena Ramadhan banyak memiliki keistimewaan. Kalau orang tahu mendalam hikmah pastilah berharap bulan lainnya adalah bulan Ramadhan. Diantara keistimewaan-keistimewaan Ramadhan adalah sebagai berikut :

iklan swissbell

  1. BULAN AL-QUR’AN

Ramadhan seringkali disebut dengan Syahrul Qur’an (Bulan Al-Qur’an), karena awal diturunkannya Al-Qur’an adalah pada bulan Ramadhan. Dengan berpedoman pada Al-Qur’an, niscaya perjalanan hidup manusia menjadi terarah dan memberi kebahagiaan, kedamaian, ketentraman dan kemakmuran serta keadilan. Banyak dari kita, kaum muslimin yang sudah jauh dari Al-Qur’an, mulai dari jauh dalam bentuk tidak bisa membacanya, bisa membaca tapi tidak rajin membacanya, rajin membaca tapi tidak memahaminya, memahami tapi tidak mengamalkannya atau sudah mengamalkannya tapi baru untuk dirinya sendiri, belum merangsang atau mengajak orang lain untuk mengamalkannya. Seperti dalam firman Allah dalam QS.Alfurqon :30 artinya “ Dan Rosul ( Muhammad ) berkata “ wahai Robbku, sesunguhnya kaumku menjadikan Alquran ini diabaikan”

Ramadhan mengetuk hati kita untuk memperkokoh komitmen kepadanya dan kitapun menggunakan Al-Qur’an sebagai tolok ukur, karena Al-Qur’an memang berfungsi untuk membedakan antara yang haq (benar) dengan yang bathil (salah), Allah berfirman yang artinya: Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). (QS 2:185).

  1. PINTU SYURGA DIBUKA, SYAITHAN TERBELUNGGU

Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu semua syaitan (HR. Bukhari dan Muslim).

Ramadhan yang merangsang kita melaksanakan segala aktivitas kebajikan yang akan menghantarkan kita ke pintu syurga yang seluas-luasnya, bahkan bagi orang yang berpuasa, Rasulullah Saw sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menyatakan ada pintu khusus untuk masuk syurga itu yang dinamakan dengan Ar Royyan.  Dan dengan ibadah Ramadhan yang dilakukan sebai-baiknya maka syaitan-syaitan terbelenggu atau  sangat terbatasi keleluasaannya dalam menggoda manusia.

  1. AMPUNAN DOSA.

 “Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari).

Jaminan Allah bagi berpuasa karena iman dan mengharap ridho Allah akan diampuni dosa-dosa kita. Berbahagialah bagi yang mendapatkannya, karena kita sebagai manusia tidak terlepas dari dosa. Dan dampak dari dosa adalah semakin jauhnya cahaya ilahi, tidak terkabulnya sebuah doa. Jadi dengan diampuni dosa manusia akan mendapatkan ketenangan jiwa serta diakherat akan dibalas Allah dengan balasan yang setimpal

  1. MEMPERKUAT BENTENG PERTAHANAN.

Rasulullah Saw menyatakan: ash shiyamu junnatun (puasa itu adalah benteng). Dalam suatu peperangan, diperlukan benteng untuk memantapkan pertahanan. Dalam kehidupan seorang muslim, terjadi kecamuk perang dalam jiwanya antara yang haq dan yang bathil. Untuk bisa memenangkan peperangan itu, seorang muslim harus memiliki benteng pertahanan yang kuat sehingga bisa menghalau segala godaan syaitan.

  1. PAHALA BESAR

Keistimewaan penting dari bulan Ramadhan adalah diberikannya pahala yang begitu besar kepada siapa saja yang melakukan kebajikan atau amal yang shaleh. Yang wajib dilipagandakan 70 kali dan yang sunnah disamakan dengan pahala amalan yang wajib.

Semoga Keistimewaan dibulan Ramadhan ini dapat kita raih, dengan mengoptimalkan ibadah dibulan Ramadhan. Wallahu alam bishowab

Related Search

Rate this article!
KEISTIMEWAAN RAMADHAN,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: