banner 728x90

KEK Ditetapkan, Bisnis Perhotelan Menjamur

banner 468x60

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Parawisata telah membawa dampak bagi perkembangan pariwisata di Pulau Belitung, salah satunya tampak dengan menjamurnya bisnis perhotelan di Pulau Belitung.

“Saat ini telah tumbuh dan berkembang hotel-hotel untuk mendukung kegiatan pariwisata yang memang membutuhkan akomodasi penginapan seperti hotel. Dan pada tahun ini juga sudah ada beberapa investor di bidang perhotelan,” ungkap Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah di Kantor Gubernur, Pangkalpinang, Selasa (5/9).

banner 300x250

Selain Belitung, pria akrab disapa Fatah itu berharap KEK Parawisata di Pulau Bangka juga segera ditetapkan. Pasalnya, Pulau Bangka juga dinilai mempunyai potensi yang sama dengan Belitung.

“Di Pulau Belitung sudah ada KEK pariwisata yaitu Tanjung Kelayang, dan kami melihat bahwa di pulau Bangka juga ada dan memiliki potensi untuk dikembangkan dan dapat menjadi KEK pariwisata seperti di Pulau Bangka ada wilayah Tanjung Gunung, atau Tanjung Pesona. Dan potensi tersebut layak didorong untuk menjadi KEK pariwisata,” yakin Fatah.

Penetapan KEK di wilayah Bangka dan Belitung, lanjut dia, merupakan upaya pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan dan tumbuhnya kegiatan industri, ekspor, impor dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi.

“KEK dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga dengan adanya penetapan KEK ini akan memberikan peluang dan kesempatan kepada masyarakat yang ada di sekitar wilayah KEK, untuk berkarya dan mengembangkan kegiatan ekonomi seperti pengembangan UMKM,” terangnya.

Senada, Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama KEK, Mardi Santoso juga mengiyakan bahwa wilayah KEK Tanjung Kelayang merupakan salah satu KEK dengan pertumbuhan dan perkembangan yang cepat.

“Jika dibandingkan dengan wilayah KEK yang lain, belum sampai 3 (tiga) tahun Tanjung Kelayang sudah bisa beroperasi sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah tentang KEK,” katanya.

Menurut Mardi, penetapan KEK dapat dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan wilayah Tanjung Kelayang Belitung sangat cepat, mulai dari sisi pembangunan infrastruktur serta dari sisi investasi pun sudah banyak yang masuk.

“Dengan adanya KEK ini dampaknya memang tidak bisa cepat, tapi yang diharapkan adalah bagaimana dengan penetapan KEK ini bisa memberikan efek positif sampai kepada masyarakat bawah,” imbuhnya. (fiz)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: