banner 728x90

Kepercayaan Investor di Belitung Meningkat

banner 468x60

TANJUNGPANDAN – Kepercayaan dunia usaha untuk berinvestasi di Kabupaten Belitung makin meningkat.  Salah satu bukti nyata adalah makin banyaknya usaha penginapan di Kabupaten Belitung.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Hermanto, secara keseluruhan saat ini ada 51 tempat penginapan di Kabupaten Belitung.   Dari data yang ada di Disparta, pada tahun 2017 ini saja ada 18 hotel yang sedang “on progres”.
“Kalau semua jadi, ada 69 penginapan di Belitung baik itu yang berbintang maupun tidak.   Jadi menurut saya ini merupakan suatu yang sangat luar bisa dan patut disyukuri untuk kemajuan pariwisata kita kedepannya,” ujar Hermanto kepada Belitong Ekspres Jumat (10/3) kemarin.

banner 300x250

Menurut Hermanto, ada beberapa faktor yang membuat kepercayaan dunia usaha melakukan investasi si Negeri Laskar Pelangi meningkat.  Seperti kebijakan dari pemerintah pusat, kemudahan investasi, maupun sarana dan prasarana infrastruktur.  “Jadi kebijakan yang diberikan kepada kita dalam bentuk kepercayaan sebagai daerah 10 destinasi wisata nasional, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan daerah KSPN.   Ini menambah keyakinan dunia usaha untuk berinvestasi,” jelasnya.

Hermanto menjelasakan, untuk membangun kepariwisataan, ada 5 unsur penting.  Yaitu peran pemerintah, dunia usaha/bisnis, masyarakat, akademisi, dan peran media.

Peran pemerintah daerah dalam memberikan dukungan investasi secara mandiri salah satu contohnya dengan pembentukan kelembagaan.  Selain itu, sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pembagunan insfrastruktur seperti, jalan, perhubungan, energi, dan sumber daya air.   “Ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi investor dan juga faktor lokasi yang strategis sehingga memberikan dukungan yang positif,” katanya.

Selain promosi yang terus dilakukan pihaknya, kerjasama antar lintas sektor untuk mengangkat pariwisata secara bersama-sama tentunya menambah kepercayaan tersendiri bagi para investor.  “Alhamdulillah kepercayaan orang untuk berinvetasi di Belitung cukup tinggi.  Lantas dengan banyaknya penginapan tentu akan memudahkan para wisatawan untuk memilih skema mana yang mereka inginkan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu lanjut Hermanto, tentunya peran masyarakat harus berimbang.  Penguatan pemberdayaan masyarakat harus ditingkatkan dari berbagai sektor.   Tidak hanya dari pariwisata tetapi juga dari sektor lainya.  “Dengan demikian masyarakat dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari pembangunan ini,” tandasnya.(rez)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: