banner 728x90

Kerjasama dengan RSCM, RSUP Babel Operasi 9 Kasus Bedah Syaraf

PANGKALPINANG – Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ir. H. Soekarno Bangka Belitung, Rabu (21/02) kembali melakukan operasi 9 kasus bedah syaraf pasien di Bangka Belitung (Babel). Operasi ini dilakukan bersama Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) dalam Program Sister Hospital.

Yakni 3 kasus tumor kepala, 2 syaraf kejepit dan tumor tulang belakang level 6. Operasi berlangsung di RSUP Provinsi Babel 21-22 Februari 2018.

Konsultan Ahli bedah syaraf Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta, David Tandian mengatakan bahwa sejak di laksanakannya MoU Sister Hospital antara RSCM dan RSUP Babel Agustus 2017 lalu, maka hingga kini pelaksanaan program pelayanan operasi bedah syaraf terus diupayakan.

Sister hospital sifatnya adalah saling membantu untuk penanganan kasus-kasus bedah syaraf dengan tujuan apabila dilakukan di RSUP Babel maka akan lebih terbantu dan tidak harus ke Jakarta.

“Kalau di RSCM itu antrinya lama. Bahkan sampai 300 daftar tunggu, kalau dibiarkan menunggu maka kapan kita akan bisa melakukan operasinya, belum lagi biaya hidup di Jakarta lebih besar jika terlalu lama menunggu di RSCM, makanya target kita adalah kurang dari 20 persen kasus bedah syaraf yang dikirim ke Jakarta selama ini bisa ditangani di daerah termasuk di RSUP Soekarno Bangka Belitung, kecuali memang untuk kasus yang memang betul-betul sulit baru akan di bawa ke Jakarta,” kata David.

Sementara itu dokter ahli bedah syaraf RSUP. Ir. Soekarno Bangka Belitung dr. Ferry Kurniawan mengatakan bahwa sister hospital merupakan suatu program yang sifatnya saling menyambung antara RSCM Jakarta dengan RSUP Soekarno.

“Dari program sister hospital ini, maka diharapkan supaya makin banyak rakyat Babel yang terlayani serta target pusat untuk pemerataan layanan kesehatan di Indonesia. Dalam program ini juga mendatangkan konsultan ahli bedah syaraf dari RSCM. Masyarakat harus bersyukur,” ujarnya.

Sampai saat ini sudah 4 kali kegiatan yang sama dilaksanakan dengan total 30 pasien kasus bedah syaraf. Untuk operasi kali ini ada 2 kasus baru yang spesifik yang akan ditangani sesuai dengan keahlian khusus konsultan ahli RSCM dr. David yang juga merupakan ahli bidang penanganan nyeri.
Operasi kali ini akan melaksanakan untuk bedah syaraf kepala, tulang belakang, kelainan bawaan.

yakni tumor kepala 3 pasien dua diantaranya dewasa dan 1 bayi, syaraf kejepit 2 pasien, tumor tulang belakang panjang tumor dengan 6 level dan operasi yang berat.

“Mudah- mudahan bisa berjalan dengan baik karena kita sudah ada alat yang memadai dan konsultan juga. Semua pasien juga sudah terdaftar di BPJS Kesehatan,” jelas dr. Ferry.

Direktur RSUP.Ir. Soekarno Bangka Belitung, dr.Hastuti mengatakan bahwa sister hopsital merupakan program unggulan guna untuk mencapai misi RSUP Babel, yakni unggul dalam pelayanan bedah syarat otak.

“Kami optimis, karena kami juga punya dokter yang berdikasi sepert dr. Ferry yang aktif melakukan upaya untuk menjaring pasien, ini penting untuk akses masyarakat dan kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik,” kata dr.Hastuti.(lya)

Related Search

Tags:
author

Author: