banner 728x90

Kerjasama Penting untuk Tumbuhkan Pariwisata

banner 468x60

‎MANGGAR – Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memiliki keragaman budaya, keindahan alam dan pariwisata yang menyimpan sejuta pesona. Untuk menggiatkan sektor  pariwisata tidak hanya dilakukan oleh satu pihak saja, melainkan diperlukan kerjasama lintas sektoral dengan pihak terkait, seperti biro wisata, pengelola wisata, SKPD terkait dan masyarakat.

“Mengangkat potensi pariwisata di Pulau Belitong memang tidak dapat sendirian. Untuk itulah dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak,” Ungkap Wakil Bupati Beltim Burhanudin saat membuka workshop pengembangan sektor jasa daerah yang berlangsung di ruang rapat Bupati Beltim, Senin (30/5) kemarin.

banner 300x250

Burhanudin yang akrab disapa Aan mengakui di Kabupaten Beltim banyak sekali budaya lokal yang unik untuk dapat digali dan dikembangkan, seperti acara adat maras taun dan beragam kebudayaan daerah. Keragaman tersebut konsepnya bisa disatukan dengan yang ada di Kabupaten Belitung sehingga pariwisata di Pulau Belitong lebih terkenal.

“Di Beltim banyak berbagai budaya lokal yang menarik dan unik untuk dijadikan objek pariwisata. Konsepnya bisa disatukan dengan budaya yang ada di Kabupaten Belitung. Untuk itu kita dapat bertukar fikiran, kebijakan apa yang akan kita lakukan secara bersama agar Belitong dapat lebih terkenal,” ujarnya.

Disisi lain, jelas Aan, infrastruktur pendukung dalam pengembangan pariwisata tersebut tentu harus disiapkan pula oleh masing Pemda.

Sementara itu, Siti Tri selaku kasubdit jasa konstruksi, pariwisata, rekreasi bidang jasa pada Kementerian Perdagangan, mengatakan pengelolaan sektor pariwisata sangat perlu dibangun untuk menumbuhkan perekonomian, apalagi pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan 20 juta tentunya ada capaian yang harus dilakukan, salah satunya adalah meningkatkan hubungan antar pusat dan daerah.

“Sektor pariwisata perlu dibangun untuk menumbuhkan perekonomian, apalagi target kunjungan wisatawan 20 juta ke Indonesia tentunya harus ada pengelolaan dan kerjasama yang baik antara pusat dan daerah,” sebut Tri dalam pemaparannya.

Dalam workshop tersebut, berbagai materi dipaparkan oleh tiga narasumber, antara lain mengenai sektor jasa sebagai penggerak ekonomi, pengembangan pariwisata lokal dan industri penunjang, pembangunan infrastruktur sebagai penunjang pariwisata serta identifikasi peluang dan tantangan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Beltim. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: