banner 728x90

Klinik Kemasan Siap Bantu UKM

banner 468x60
babel-edisi-13-februari-2017

Suasana pelayanan terhadap konsumen yang dilakukan Klinik Kemasan Pangkalpinang. Klinik tersebut siap membantu para pelaku UKM untuk mempercantik kemasan produk. foto : Andrian | radar bangka

PANGKALPINANG – Klinik Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Bangka Belitung (Babel), hingga kini masih eksis dan senantiasa siap memberikan bantuan desain kemasan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kepulauan Babel.

banner 300x250

Menurut Rizal, pengurus klinik kemasan dibawah naungan Disperindag Provinsi? Babel, klinik kemasan yang terbentuk sejak 2013 lalu tentunya memiliki tujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam hal konsultasi dan mendesain kemasan produk. “Di klinik kemasan ini, kita menyediakan jasa desain kemasan produk dan konsultasi secara gratis bagi pelaku UKM yang tersebar di Provinsi Kepulauan Babel ini,” ?ujar Rizal kepada RB, Jum’at (10/2) sore.

Tidak hanya sebatas mendesain kemasan produk, pihak klinik kemasan juga melakukan sharing masalah lingkup kemasan itu sendiri, mulai dari masalah perizinan, label, hingga kemasan seperti apa yang cocok dipakai agar sebuah produk yang ditawarkan oleh pelaku UKM itu lebih maching dan lebih menarik calon konsumen. “Alhamdulillah tanggapan dari para pelaku UKM di Babel ini sangat luar biasa. Sehingga lebih termotivasi dan meningkatkan daya saing jual produknya,” katanya.

Diungkapkannya, pada 2013 lalu awalnya klinik kemasan hanya ditargetkan untuk mendesain dan memberikan konsultasi kepada 50 IKM, namun antusiasme yang tinggi pada tahun itu pihaknya telah mendesain lebih dari 100 produk IKM. Hal tersebut terus berkesinambungan, hingga pada akhir 2016 lalu sudah ada 700 lebih desain produk IKM se Babel. Khusus untuk di Pulau Belitung, pihak klinik kemasan menggelar kegiatan tahunan jemput bola berkoordinasi dengan Disperindagkop UMKM Kabupaten Koba dan mempersiapkan berapa IKM makanan, minuman atau lainnya yang akan didesain produknya yang kemudian diproses dalam 4 hari. “Untuk satu desain produk memakan waktu 3-4 hari, kemudian kita menyerahkan master cetaknya. Selama dalam proses, kita pun memberikan kosultasi hingga rekomendasi bagaimana cara memilih kertas yang bagus,” tukasnya.

Baca Juga : Masa Tenang Masa Rawan

Adapun untuk persyaratan membuat label di klinik kemasan ini, IKM diwajibkan membawa contoh produk terlebih dahulu untuk mengatahui bagaimana ukuran desain yang pas. Selain itu, setiap produk IKM yang dibuatkan desain, tentunya akan dilaporkan hasilnya before-after ke Disperindag Babel. “Untuk lebih jelas, silahkan datang ke kantor klinik kemasan beralamat di jalan Depati Amir nomor 203, KM 3 Kelurahan Keramat, Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang tepatnya didepan kantor KPU Provinsi Babel?,” terangnya.

Sementara, Kadisperindag Provinsi Babel, Hasanudin mengatakan, eksistensi dan tujuan klinik kemasan dibawah naungan Disperindag Provinsi Babel besinergi dengan Koperasi, UKM Babel tersebut tentunya untuk? meningkatkan daya tarik bagi para calon pembeli, selain meningkatkan daya saing produk di pasaran.?     “Alhamdulillah, saat ini banyak produk makanan minuman IKM di Babel ini sudah dapat masuk pasar modern. Tentunya selain kemasan yang menarik, kita pun menyarankan untuk digarisbawahi bagi para IKM untuk tetap menjaga mutu kualitas dan harga produk bersaing, terjangkau o?leh konsumen di pasaran,” tegas Hasanudin. (and)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: