banner 728x90

Kodim 0414, Ajak Petani Gotong Royong

banner 468x60

*Bersihkan Saluran Irigasi di Kawasan Danau Nujau

foto A

banner 300x250

Anggota TNI AD, Polsek Gantung dan masyarakat sedang membersihkan saluran irigasi persawahan Danau Nujau.

GANTUNG – Sistem pengairan atau irigasi berperan penting meningkatkan produktifitas hasil pertanian. Tanpa irigasi yang baik, upaya meningkatkan produktifitas akan sulit tercapai. Menyadari hal tersebut, puluhan anggota TNI AD bersama anggota Polsek Gantung, Dinas Pertanian dan masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran irigasi di kawasan pertanian Danau Nujau.

Membawa peralatan lengkap, seluruh yang terlibat gotong royong langsung membersihkan saluran yang selama ini mengairi sawah petani. Dalam kesempatan itu, hadir mengikuti gotong royong, Dandim 0414 Belitung, Letkol (Arh) Marthen Verny Rorintulus, Kepala Dinas Pertanian, Khaidir Lutfi, Camat Gantung, Sayono, Kapolsek Gantung, Iptu Ryan Faisal dan Danramil beserta anggota se Belitung Timur (Beltim).

Usai gotong royong, Dandim 0414 Belitung, Letkol (Arh) Marthen Verny Rorintulus kembali menegaskan, keterlibatan TNI AD khususnya anggota Kodim dan Koramil se Beltim merupakan wujud keseriusan pencapaian target swasembada pangan di Bangka Belitung.

“Sebagai pendamping dari Dinas teknis, tentunya kita mengajak seluruh petani dan masyarakat juga secara bersama-sama mencapai swasembada pangan,” ujar Marthen ketika berbincang dengan harian ini, Kamis (19/3) di kawasan pertanian Danau Nujau.

Menurut Marthen, kegiatan gotong royong yang baru kali pertama di laksanakan ini, hendaknya menjadi rutinitas bersama dengan penjadwalan yang teratur. Sehingga dapat mendorong peningkatan produktifitas panen dan mengatur musim tanam.

“Tentunya, nanti kita jadwalkan kembali. Meski tidak tiap minggu tapi sekali sebulan kita adakan. Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang berperan serta,” kata Marthen.

Dandim menegaskan, keterlibatan seluruh anggota TNI AD dalam pencapaian target swasembada pangan bukan program main-main. Karenanya, target peningkatan hasil panen melalui optimasi lahan harus tercapai, tentunya dengan dukungan seluruh masyarakat petani.

“Kita ingin semua dapat dibenahi sehingga hasil panen meningkat. Tentunya ini menjadi harapan kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, Khaidir Lutfi mengaku cukup senang dengan adanya kebersamaan anggota TNI AD dalam membantu petani dan target swasembada pangan. Khaidir menganggap peran yang dilakukan anggota TNI akan memacu semangat petani.

“Ini sangat baik dan sangat membantu petani. Tentunya, kita berharap produktifitas hasil panen meningkat,” ujarnya. (feb)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: