banner 728x90

Kodim Belitung Bubarkan Aktivitas TI Ilegal di Danau Nujau

banner 468x60

GANTUNG-Jajaran Kodim 0414 Belitung membubarkan aktivitas penambangan timah ilegal di Danau Nunjau Gantung Belitung Timur, Jumat (24/6) kemarin. Pembubaran ini pimpin Pasi Intel Kodim 0414 Belitung Kapten CHB Syarifudin.

Pasi Intel Kodim 0414 Belitung Kapten CHB Syarifudin seizin Dandim 0414 Belitung membenarkan adanya pembubaran itu. Dikatakan Kapten Syarifudin pembubaran itu dilakukan lantaran kepedulian TNI AD kepada petani di Beltim.

Dijelaskan pria asal Magelang Jawa Tengah ini, di area lokasi merupakan tempat masyarakat bercocok tanam. Dengan adanya aktivitas TI ini, aliran air beserta pasir masuk ke dalam lahan sawah warga, dan itu yang menyebabkan masyarakat gagal panen.

banner 300x250

Untuk mengantisipasi, gagal panen di Beltim, Jajaran TNI AD mengambil langkah tegas yakni mengusir para penambang timah di lokasi itu. “Ini merupakan tanggungjawabkan kami. Sebab, presiden meminta kepada TNI AD untuk mengawal ketahanan pangan. Dan kami tidak mau di Beltim gagal panen,” kata Kapten Syarifudin kepada Belitong Ekspres.

Saat anggota TNI AD ini datang, ada sebanyak empat ponton TI beroperasi di lokasi. “Saat kami datang kita langsung meminta masyarakat yang menambang untuk menghentikan aktivitasnya,”ujarnya.

Sebelumnya terjadi perdebatan antara TNI dengan penambang. Namun, setelah dijelaskan akhirnya para penambang ini memilih untuk angkat kaki dari lokasi. “Akhirnya para penambang sadar dan pergi,” ungkapnya. (kin)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: